Info Stimulus

Syarat Dapat BLT BBM Rp 600.000, Jokowi: BLT BBM Sudah Diserap 19,9 Juta Penerima!

Sebagaimana yang disampaikan Jokowi bahwa adanya BLT merupakan kebijakan dari pemerintah untuk meningkatkan Inflasi yang terjadi.

setkab.go.id
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataannya terkait kembali dibukanya ekspor minyak goreng di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.- Pemerintah menyebut jika penyaluran BLT BBM sekitar 19,9 juta orang atau 96,6 persen dari total penerima manfaat ( KPM ). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebutkan, sekitar 19,9 juta orang atau 96,6 persen dari total penerima manfaat ( KPM ) sudah menerima bantuan langsung tunai ( BLT )  Sebagai imbal balas dampak pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak ( BBM ). 

"Ini (jumlah penerima) juga sudah hampir 20 juta, sudah 19.955.471 penerima, sudah," kata Presiden, Sebagaimana terlihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 28 September 2022.

Jokowi Selanjutnya berharap jika penyaluran Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Dapat meringankan beban masyarakat dan meningkatkan daya beli masyakat ditengah kenaikan Harga BBM.

Sebagaimana yang disampaikan Jokowi bahwa adanya BLT merupakan kebijakan dari pemerintah untuk meningkatkan Inflasi yang terjadi.

"Daya beli, konsumsi masyarakat bisa terangkat lebih baik. Itu akan memunculkan, mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara makro yang kita inginkan,"ujarnya.

Peyaluran BLT BBM Tahap I Selesai 16 September 2022, Cek Syarat Terima BLT Tahap II Disini!

lebih jauh Jokowi juga menyampaikan Banso lain yang yaitu Bantuan Subsidi Upah ( BSU ), pada saat ini sudah diserap sekitar48,34 persen dari target penerima.

Jokowi mengatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan terus mempercepat penyaluran BSU di seluruh daerah. "Ini akan terus dipercepat oleh Bu Menteri, utamanya yang jauh-jauh dari ibu kotadan saya akan pantau,"ujarnya.

Program BLT BBM dan BSU merupakan bagian dari bantalan sosial yang diberikan pemerintah setelah pengalihan belanja subsidi BBM yang mengakibatkan kenaikan harga pertalite dan solar. 

Terdapat tiga jenis bantalan sosial pengalihan subsidi BBM, yaitu BLT untuk 20,65 juta penerima dengan nilai bantuan masing-masing Rp 150 ribu dan diberikan sebanyak empat kali. Total anggaran untuk BLT mencapai Rp 12,4 triliun.

Kemudian, bantuan subsidi upah yang nilainya Rp 600 ribu per orang untuk 16 juta pekerja bergaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan yang dibayarkan satu kali dengan anggaran Rp 9,6 triliun.

Terakhir adalah bantuan dari pemerintah daerah dengan menggunakan dua persen dari dana transfer umum, yaitu dana alokasi umum dan dana bagi hasil sebanyak Rp 2,17 triliun dalam rangka membantu sektor transportasi, seperti angkutan umum, ojek, nelayan, sertabantuan tambahan perlindungan sosial.

Cairkan BSU BLT BBM Tanpa Rekening Bank Himbara? Cek Cara Lain Cairkan BSU Rp 600.000

Untuk menjadi bagian dari penerima BLT BBM masyarakat hendaknya memenuhi syarat berikut ini:

Syarat Penerima BLT BBM

*  Terdata sebagai Warga Negara Indonesia ( WNI ) dan merupakan Warga miskin atau rentan miskin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved