Florentinus Anum Sebut Pemprov Kembangkan 40 Hektare Lahan untuk Penanam Bawang Merah di Kalbar

Florentinus Anum mengatakan upaya ini dalam rangka mempersiapkan lonjakan kebutuhan komoditi pangan strategis di akhir tahun desember 2022

Penulis: Maskartini | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Maskartini
Pedagang Sayur dan bawang merah di Pasar Flamboyan tampak menyun daganganya. Harga bawang merah terbilang stabil dengan kisaran Rp28 ribu hingga 32 ribu per Kg 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Selain menyiapkan pengembangan pertanaman 70 hektare (Ha) cabai, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar juga mempersiapkan pengembangan pertanaman 40 ha bawang merah. Pertanaman akan tersebar di 7 kabupaten di Kalbar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Florentinus Anum mengatakan upaya ini dalam rangka mempersiapkan lonjakan kebutuhan komoditi pangan strategis di akhir tahun desember 2022 pada saat momen hari besar keagamaan natal dan tahun baru (Nataru).

Komoditas pangan seperti bawang merupakan komoditi strategis yang rentan menjadi penyumbang inflasi.

Berdasarkan Sistem Penyajian Data Statistik Pertanian Hortikultura (Sipedas Hortikultura), sampai dengan Agustus 2022 produksi bawang merah di Kalbar sebesar 27 ton.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar Siapkan Pengembangan Pertanaman 70 Hektare Cabai

Kebutuhan Kalbar dengan jumlah penduduk 5.466.942 jiwa khusus rumah tangga untuk bawang merah sampai dengan Agustus yaitu 6.112 ton.

Komoditas Bawang Merah setiap tahunnya produksi kita rata-rata 120 ton per tahun.

"Produksi bawang merah kita setiap tahunnya rata-rata 120 ton, dengan kebutuhan rata-rata setahun sebesar 9.169 ton untuk konsumsi rumah tangga. Kemudian bawang merah kita di Kalbar memang sangat kurang, oleh karenanya untuk menjaga ketersediaan bawang merah, sementara ini kita mendatangkan dari luar Kalbar," ujarnya Rabu, 28 September 2022. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved