Polisi Bersama Kedes dan Warga Bersihkan Tanah Longsor di Desa Sungai Keli Landak

Menurut informasi yang diterima, longsor diakibat karena hujan deras yang mengguyur Desa Sungai Keli mulai pada hari Senin 26 September 2022

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pembersihan sisa longsoran tanah yang sempat menutup akses jalan pada Selasa 27 September 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Bhabinkamtibmas Polsek Ngabang Bripka Susanto Atung bersama Kepala Desa Sungai Keli Anuwar beserta warga masyarakat, bergotong royong untuk membersihkan longsoran tanah yang menimpa jalan penghubung pada Selasa 27 September 2022.

"Pembersihan yang kita lakukan untuk memudahkan akses dan mobilitas warga di Desa Sungai Keli menuju Kecamatan Ngabang, yang terkendala oleh longsoran tanah yang menutupi jalan," ujar Bripka Atung.

Menurut informasi yang diterima, longsor diakibat karena hujan deras yang mengguyur Desa Sungai Keli mulai pada hari Senin 26 September 2022 pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB yang mengakibatkan terjadi longsor sekitar Pukul 19.00 WIB.

Diguyur Hujan Deras, Sungai Sepatah Sengah Temila Landak Kembali Meluap

Sehingga terjadilah tertutupnya akses jalan poros dari Desa menuju ke Kecamatan ngabang. Serta dampak lain akibat meluapnya debit air sungai di Dusun Sungai Keli, namun saat ini telah surut kembali dan tidak ada rumah yang terendam banjir.

"Gotong royong dan kebersamaan masyarakat setempat sangatlah membantu dalam setiap menyelesaikan masalah bersama, hal tersebut patut dijaga dan dibina oleh kita semua," jelasnya.

Dari pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB warga mulai berdatangan ke tempat longsoran tanah, dan bersama sama bergotong-royong membersihkan longsoran tanah yang menghalangi jalan dibantu dari Babinsa Sei Keli, Staf Kantor Kecamatan, serta Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala Desa Sui Keli Anuwar menanmbahkan, pembersihan longsoran tanah dilakukan secara bergotong royong menggunakan alat seadanya, misal cangkul, gerobak atau yang lainnya yang dimiliki masing-masing warga.

"Dan untuk kegiatan besok tanggal 28 September 2022, sudah saya koordinasikan dengan pihak PT PI yang akan menggunakan alat beratsupaya akses jalan bisa cepat kembali normal dan ekonomi warga Sungai Keli bisa berjalan seperti biasanya," harapnya.

Sementara itu Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan hal yang sangat baik dan sangat mengapresiasi.

"Serta saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan perangkat desa maupun pihak-pihak yang sudah membantu kegiatan ini berjalan dengan baik aman dan tertib," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved