Info Stimulus

Peyaluran BLT BBM Tahap I Selesai 16 September 2022, Cek Syarat Terima BLT Tahap II Disini!

Kita ketahui sebelumnya bahwa masing-masing keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp 150.000 selama empat bulan dan dicairkan dalam dua tahap.

Tribunnews
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan informasi penyaluran BLT BBM dan BSU tahap 1 telah selesai dicairkan kepada 20,65 juta KPM, Selanjutnya cek syarat penerima BLT BBM tahap 2 yang dicairkan Menkeu pertengahan bulan November dan Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) telah mencairkan dana bantuan langsung tunai ( BLT ) bahan Bakar Minyak ( BBM ) untuk tahap pertama kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ).

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan ( Menkeu ) Sri Mulyani, Mengatakan realisasi bantuan langsung tunai ( BLT ) terkait kenaikan harga BBM baru sebesar Rp6,2 triliun per 16 September 2022 dan diterima oleh 20,65 juta keluarga berstatus penerima manfaat.

Kita ketahui sebelumnya bahwa masing-masing KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp 150.000 selama empat bulan dan dicairkan dalam dua tahap.

"Sampai 16 September, BLT BBM sudah tersalurkan Rp6,2 triliun untuk 20,65 juta KPM," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Senin 26 September 2022.

Pencairan BLT untuk tahap pertama ditegaskan oleh Sri Mulyani telah selesai dan saat ini tengah mengkaji persiapan untuk pencairan tahap kedua, Sri Mulyani juga menyampaikan jika pencairan tahap dua akan dilakukan bulan November dan Desember 2022.

"Separuh dibayarkan pada November atau Desember 2022 nanti," tambahnya

Mencuat Kasus BLT BBM Gagal Cair hingga Jawaban Mensos Tri Rismaharini

Selain penyaluran BLT BBM Pemerintah juga memberikan bantuan subsidi upah ( BSU ) bagi pekerja yang terdampak kenaikan harga BBM ini.

Anggaran Rp 9,6 triliun yang dipersiapkan untuk memberi BSU kepada 16 juta pekerja untuk mereka dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan.

Namun untuk pencairan BSU berbeda dengan pencairan BLT BBM, Pencairan dilakukan sekali dengan besaran bantuan Rp 600 per penerima.

Jadi Total realisasi BLT BBM dan BSU yang mencapai Rp 8,82 triliun, belum mencakup realisasi anggaran perlindungan sosial reguler yang diberikan pemerintah.

Hingga akhir bulan Agustus, realisasi anggaran perlindungan sosial dalam APBN 2022 sudah mencapai Rp 261,8 triliun untuk berbagai program lainnya seperti PKH yang secara rutin disalurkan Kemensos.

Untuk diketahui, Pemerintah pada awal bulan ini mengumumkan tambahan bantuan sosial sebesar Rp 24,17 triliun sebagai pengalihan atas potensi pembengkakan subsidi dan kompensasi energi.

Ini mencakup tiga bantuan, yakni BLT sebesar Rp 12,4 triliun, bantuan subsidi upah Rp 9,6 triliun serta bantuan lewat pemerintah daerah Rp 2,17 triliun.

Setelah diketahui pencairan tahap 2 yang direncakan cair bulan November dan Desember 2022, berikut syarat-syarat untuk dapat BLT BBM tahap 2 :

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved