Lokal Populer

Festival Danau Sentarum Jangan Hanya Sekedar Seremonial Harus Ada Dampak Besar yang Positif

Kegiatan akan berlangsung di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, dan kegiatan selama 5 hari

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Pembukaan Festival Danau Sentarum di lapangan kecamatan Batang Lupar, Lanjak, Kapuas Hulu, Jumat (25/10/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Ismunadi menyatakan, Festival Danau Sentarum 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 22-26 November 2022.

"Kegiatan akan berlangsung di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, dan kegiatan selama 5 hari, serta berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin 26 September 2022.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama Festival Danau Sentarum diantaranya adalah, karnaval budaya, Sentarum Etnik Musik, dan lomba cipta kreasi tarian daerah. "Pastinya banyak lagi kegiatan tambahan-tambahan lainnya," ucapnya.

Ismunadi juga menjelaskan, sedangkan untuk persiapan terus dilakukan dan belum lama ini pihaknya bersama Bupati dan Sekda telah menghadap langsung ke Kementerian Pariwisata di Jakarta, terkait Festival Danau Sentarum tersebut.

Tenun Sidan dan Songket Asal Kapuas Hulu Raih Penghargaan Dari Dewan Kerajinan Nasional

"Dukungan semua pihak sangat diperlukan, termasuk dari masyarakat itu sendiri, untuk sama-sama mensukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum nantinya di Kabupaten Kapuas Hulu," ungkapnya.

Harus Siapkan Rumah Inap

Seorang wisatawan asal Kota Pontianak, Jefri menyambut baik kembali akan dilaksanakan Festival Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu. "Saya sudah lama tak ke danau Sentarum, karena faktor pandemi," ujarnya kepada Tribun Pontianak.

Jefri menjelaskan, danau Sentarum sangat indah untuk sangat cocok dijadikan tempat Festival Danau Sentarum, namun diharapkan agar kedepannya festival danau Sentarum lebih baik lagi, dengan banyak kegiatan-kegiatan.

"Hanya satu saja pesan ketika dilaksanakan Festival Danau Sentarum, harus disiapkan rumah inap atau sewa bagi wisatawan yang datang, karena pengalaman Festival Danau Sentarum sebelumnya, wisatawan sudah mencari tempat inap, harus menginap di kecamatan Badau dan Putussibau," ucapnya.

Sementara tambah Jefri, wisatawan lebih suka menginap di lokasi kegiatan, maka diharapkan harus terus harus dipikirkan oleh panitia pelaksana dan masyarakat setempat. "Terpenting lagi jangan terlalu mahal dan ada tempat mandi," ungkapnya. 

Dampak Positif

Dengan akan dilaksanakan Festival Danau Sentarum, mendapatkan reaksi positif dari masyarakat Kapuas Hulu, dimana dengan harapan agar terus memberikan dampak dari perekonomian, pembangunan dan lainnya.

Seorang warga Putussibau, Thomas menyatakan, kalau dirinya sangat senang akan dilaksanakan Festival Danau Sentarum, karena sudah cukup lama tak dilaksanakan lagi. "Kita hanya berharap pelaksanaan berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Selain itu juga, setelah dilaksanakan Festival Danau Sentarum ada dampak positif dalam jangka panjang untuk masyarakat, terutama masyarakat lokal di tempat pelaksanaan tersebut (Kecamatan Batang Lupar).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved