Info Stimulus

Bansos Nelayan Ojol dan UMKM akan Cair? Sri Mulyani:523 Pemda Sudah Anggarkan Rp 3,4 Triliun!

BLT BBM akan diberikan kepada pegiat UMKM dan pekerja yang bergerak disektor lainnya seperti Nelayan dan Ojek Online ( Ojol ).

Kompas.com
Ilustrasi BLT BBM untuk UMKM-Kementerian Keuangan melalui Sri Mulyani menyebut jika 523 Pemda Sudah Anggarkan Rp 3,4 Triliun untuk DTU yang nantinya akan dicairkan kepada penerima yaitu orang-orang yang bergerak disektor UMKM, Nelayan Hingga Ojek Online. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bansos untuk meningkatkan daya beli masyarakat pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ( BBM ) dan menekan inflasi dengan mencairkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ).

BLT BBM akan diberikan kepada pegiat UMKM dan pekerja yang bergerak disektor lainnya seperti Nelayan dan Ojek Online.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, sebanyak 523 pemerintah daerah (pemda) telah menganggarkan 2 persen dari alokasi dana transfer umum ( DTU ) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat di daerahnya.

Diketahui bahwa bantuan UMKM ditopang melalui DTU pemerintah daerah kepada masyarakat didaerah tersebut.

“Sampai 23 September 2022 sebanyak 523 pemda atau 96 persen telah menyampaikan laporannya dan ternyata mereka membelanjakan Rp 3,4 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin 26 September 2022. Dikutip Kompas.com

Pelaku Usaha Nantikan Pencairan BLT UMKM 2022, Cek Status Penerima Login eform.bri.co.id/bpum

Pada beleid itu disebutkan, pemda wajib menggunakan belanja perlindungan sosial ( perlinsos ) itu untuk pemberian bansos termasuk kepada pengemudi Ojek Online, UMKM dan Nelayan.

Lalu untuk penciptaan lapangan kerja, serta pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah.

"Jadi ini untuk meringankan masyarakat yang mengalami beban meningkat akibat kenaikan harga BBM," kata Sri Mulyani.

Secara rinci, realisasi anggaran belanja wajib perlinsos sebesar Rp 3,4 triliun itu, dibelanjakan untuk bantuan sosial sebesar Rp 1,7 triliun atau 49,4 persen, penciptaan lapangan kerja Rp 600 miliar atau 18,5 persen, subsidi sektor transportasi Rp 300 miliar atau 9,5 persen dan perlinsos lainnya Rp 800 miliar atau 22,5 persen.

Realisasi itu lebih tinggi dari perkiraan awal pemerintah pusat bahwa alokasi 2 persen dari anggaran DTU hanya mencapai Rp 2,17 triliun.

Menurutnya, hal ini menunjukkan pemda cukup responsif terhadap kebijakan untuk meringankan beban masyarakat.

“Ini berarti daerah-daerah sudah cukup baik dan responsif dalam berupaya meringankan beban masyarakat melalui langkah perlindungan sosial dan subsidi transportasi," pungkas Sri Mulyani.

Cek Penerima BLT UMKM 2022 Klik eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id Dapat Rp 600 Ribu

Berikut syarat untuk mendaftar BLT UMKM 2022:

* Merupakan Warga Negara Indonesia ( WNI )

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved