Muda Mahendrawan Sebut PATBM Harus Mampu Jadi Penggerak untuk Perlindungan Anak di Desa

Ia juga berharap dengan adanya PATBM ini mampu untuk mengembangkan forum desa sehingga dapat berkembang dan terus bergerak. 

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan sebut Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), jadi penggerak untuk perlindungan anak di Desa. 

"PATBM adalah penggerak untuk perlindungan anak, jadi lebih kepada upaya untuk mereka di desa-desa dan ada 17 desa, jadi mereka ini perlindungan anak terpadu jadi mereka ini penggiat-penggiatnya lah yang di tunjuk dan dipercaya, " kata Muda Mahendrawan pada hari Senin, 26 September 2022.

Ia juga berharap dengan adanya PATBM ini mampu untuk mengembangkan forum desa sehingga dapat berkembang dan terus bergerak. 

Pemkab Kubu Raya Gelar Jambore Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

"Mudah-mudahan mereka bisa terus menggerakkan dan memantik terutama mengembangkan forum anak desa itu, forum anak desa ini kan jangan sampai hanya berakhir disitu saja, nanti anak-anaknya tidak mengembangkan diri. 

Muda juga menambahkan seluruh mentor diharapkan mampu berkerja sama dan berinisiatif dalam kegiatan yang sifatnya proaktif. 

"Mereka ini kan anak-anak perlu diperkuat oleh mentor inilah yang terus menerus bahkan kerja sama dengan sekolah-sekolah berinisiatif jadi numpang disekolah untuk mengisi nanti harus ada proaktif tidak bisa sendiri, "ujarnya.

Di sisi lain terdapat juga forum kelompok marjinal musrembang desa yang diselenggarakan di setiap desa untuk bisa mengajak dan mampu memberikan materi. 

"Mereka juga harus berusaha bagaimana meyakinkan untuk bisa mengisi materi dan bisa mengajak semua untu memahami bagaimana kondisi-kondisi yang harus kita lindungi dari masalah-masalah  yang ada di desa, "katanya.

Adapun problem yang diharapkan tak lagi menyebar dan dapat di atasi dengan baik, dan dimulai dari kondisi-kondisi rumah tangga. 

"Paling tidak yang sederhana seperti masalah rumah tangga, kita bentengi agar bagaimana mereka nanti padat aktifitas sehingga tidak terlibat narkoba, pornografi dan kekerasan-kekerasan yang terjadi terhadap anak dan sebagainya, "katanya.

Muda juga menegaskan para aktivis masyarakat harus mampu menyadarkan anak desa untuk bisa melindungi dan punya kepekaan terhadap diri sendiri. 

"Mereka juga harus menyadari dan memahami bahwa anak itu bisa melindungi dan berupaya dia punya kepekaan untuk melindungi dirinya juga, "tegasnya.

"Dan ini akan menjadi kepung bakul bersama seperti dinas pendidikan, dinas kesehatan DP3KB dan semua dinas-dinas lain, supaya mereka aktivis PATBM bisa bergerak, " tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved