Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko Pimpin Upacara Penutupan Opster

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sambas atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Opster TNI TA 2022 di tengah situasi pandemi Covid-1

Penulis: Imam Maksum | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko memimpin upacara penutupan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA. 2022 Korem 121/ABW di Lapangan Sepak Bola, Sijang Accord, Jalan Lintas Kalimantan Poros Utara, Sijang, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Senin 26 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko memimpin upacara penutupan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA. 2022 Korem 121/ABW di Lapangan Sepak Bola, Sijang Accord, Jalan Lintas Kalimantan Poros Utara, Sijang, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Senin 26 September 2022.

Opster TNI mengangkat tema melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Menjaga Stabilitas Nasional Khususnya wilayah Perbatasan dan Rawan Konflik, serta Terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, menutup secara resmi seluruh rangkain kegiatan Opster yang sudah berlangsung kurang lebih 60 hari.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sambas atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Opster TNI TA 2022 di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih kita rasakan, walaupun dampaknya sudah semakin menurun," katanya.

Dia mengatakan, Opster merupakan salah satu wujud darma bakti TNI dalam rangka memberdayakan wilayah perbatasan mengingat wilayah Kabupaten Sambas merupakan daerah perbatasan dengan Malaysia.

Hari Keempat Kunker, Gubernur Sutarmidji Ingatkan Kunci Kesuksesan pada 375 Wisudawan Poltesa Sambas

Sehingga, sambung dia, diperlukan adanya percepatan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, lancarnya jalur transportasi dan ekonomi maupun peningkatan pembangunan sarana, prasana serta infrastruktur lain untuk kepentingan masyarakat.

"Untuk kepentingan wilayah serta untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan kepentingan pertahanan negara," katanya.

Dia berujar, Opster TNI TA 2022 Kodam Xli/Tpr ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial TNI sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Serta keberhasilan pencapaian tugas khusus dalam jangka waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan.

"Disamping itu juga untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat peningkatan akselerasi pembangunan di daerah," ucapnya.

Opster TNI TA 2022 diselenggarakan selama 60 hari, mulai 29 Juli 2022 sampai dengan 24 September 2022, dengan melibatkan semua komponen bangsa yang terdiri dari 150 personel yaitu TNI, Polri, Pemda dan masyarakat.

"Kegiatan ini dilaksanakan di 4 desa di Kabupaten Sambas, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara dan mewujudkan kecintaan masyarakat terhadap NKRI serta meningkatkan sumber daya masyarakat guna mendukung tugas pokok TNI," ucapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Opster berupa kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik, yaitu perehapan Jembatan di Dusun Sasak Desa Santaban Kecamatan Sajingan Besar, Pembuatan Jalan Rabat Beton di Dusun Sasak Desa Santaban Kecamatan Sajingan Besar, di Kecamatan Paloh Pembuatan Jalan Rabat Beton.

"Kemudian di Dusun Merbau Desa Sebubus Kecamatan Paloh, Perehapan Mushola di Dusun Merbau Desa Sebubus Kecamatan Paloh," ujarnya.

Sedangkan kegiatan non fisik, lanjut dia, yaitu penyuluhan tentang bela Negara, kegiatan tentang kepramukaan, penyuluhan tentang Pertanian, Kesehatan, hukum dan kamtibmas, tentang penyalahgunaan narkoba, Karhutla, keimigrasian dan penyuluhan tentang pertanahan.

"Dengan dilaksanakannya Opster kita semua berharap dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera. Hal ini sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema Opster TNI TA 2022 Kodam XiI/Tpr, yaitu “Melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Kesejah-teraan Masyarakat Guna Menjaga Stabilitas Nasional Khususnya di Wilayah Perbatasan serta Terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved