Lokal Populer

Event Olahraga Dongkrak Sektor Pariwisata dan Perekonomian di Kota Pontianak

Kunjungan tamu dari luar ini juga berdampak terhadap sektor pariwisata maupun perekonomian di Pontianak

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bersama Dandim 1207/Pontianak Kolonel Arh Hendra Roza ikut lari bersama peserta Kulminasi Run 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menilai, bahwa event olahraga memiliki dampak yang cukup besar terhadap sektor pariwisata dan perekonomian.

"Dengan menggelar berbagai event atau lomba olahraga di Kota Pontianak, baik tingkat nasional maupun internasional, maka tamu-tamu dari luar akan banyak berdatangan ke kota ini. Kunjungan tamu dari luar ini juga berdampak terhadap sektor pariwisata maupun perekonomian di Pontianak," ujarnya.

"Selain mereka datang ke Pontianak untuk mengikuti atau menyaksikan lomba olahraga yang digelar di sini, mereka juga sekaligus menikmati wisata, baik itu objek wisata maupun wisata kulinernya," tambahnya.

Hal tersebut, ia sampaikan saat melepas peserta Kulminasi Run pada garis start yang di depan Taman Alun Kapuas Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu 25 September 2022 pagi.

Tertangkap! Penghuni Lapas Pontianak Diduga Arahkan Dua Warga Sanggau Bawa 5 Kg Narkoba Jenis Sabu

Melihat antusias peserta yang cukup tinggi dalam menyemarakkan event pesona kulminasi 2022, Wako Edi pun berharap agar gelaran event olahraga terus dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui, pada lomba lari Kulminasi Run ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta

Peserta Kulminasi Run yang terbagi dalam dua kategori, 10 kilometer (10K) dan 5 kilometer (5K) diikuti oleh berbagai usia.

Bersama Komandan Kodim (Dandim) 1207/Pontianak, Kolonel Arh Hendra Roza, S.I.P, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono pun ikut berbaur bersama peserta lari Kulminasi Run 5K.

Kata Wako Edi, event Pesona Kulminasi tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan rangkaian event hanya digelar dua hingga tiga hari saja. Namun tahun 2022 ini pasca pandemi covid-19, gelaran event pesona kulminasi digelar selama lima hari sejak 21-25 September 2022.

Pada event Pesona Kulminasi ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seni dan budaya, lomba-lomba olahraga, pemilihan Putri Pesona Kulminasi 2022, fashion show hingga konser.

"Kemarin digelar lomba Dragon Boat di Sungai Kapuas, kemudian hari ini kita melepas peserta Kulminasi Run. Pesertanya lumayan banyak, artinya antusias warga untuk olahraga lari ini cukup banyak," kata Edi.

Sebagai catatan, lomba lari sudah beberapa kali digelar di Kota Pontianak. Hampir setiap gelaran lomba lari diikuti banyak peserta.

Melihat antusias peserta lomba lari yang cukup tinggi ini, Wako Edi berharap lomba serupa lebih rutin digelar, baik di tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional.

"Dengan begitu, kita ingin Pontianak ini juga dikenal sebagai Sport City, artinya Pontianak memiliki potensi besar untuk penyelenggaraan event-event olahraga seperti lomba lari, sepeda dan sebagainya," tukasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved