Cara Urus Akta Kelahiran Anak Dari Pasangan Nikah Siri, Cek Persyaratan Buat Akta Kelahiran Terbaru!

Nikah siri adalah pernikahan yang berdasarkan agama dan bukan secara hukum negara.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi akta kelahiran.-Bukti kelahiran seorang anak yang berbentuk dokumen adalah akta kelahiran, karena akta kelahiran mencatat secara lengkap terkait peristiwa kelahiran seseorang tanpa harus dipengaruhi anak tersebut dilahirkan dari pasangan nikah siri atau tidak, simak artikel ini hingga selesai terkait cara penerbitan akta kelahiran anak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Setiap Peristiwa kelahiran seorang anak wajib untuk diurus dokumen akta kelahirannya karena akta kelahiran akan menjadi rujukan dalam membuat dokumen kependudukan lainnya untuk anak tersebut.

Keperluan akan akta kelahiran nantinya untuk mendaftar sekolah dan membuat KTP atau KIA jika belum berusia 17 Tahun, Pembuatan akta kelahiran wajib diurus orang tua kandung.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat akta kelahiran anak yang lahir dari pasangan yang berstatus nikah siri.

Nikah siri adalah pernikahan yang berdasarkan agama dan bukan secara hukum negara.

Cara Ubah Nama di Akta Kelahiran Anak? Simak Syarat Ubah Dokumen Akta Kelahiran Terbaru!

Lantas bagaiamana membuat akta lahir anak dari pasangan nikah siri? 

Meskipun lahir dari orang tua yang berstatus nikah siri, seorang anak yang baru lahir juga berhak untuk memperoleh akta kelahiran sebagaimana anak pada umumnya.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan akta kelahiran merupakan hak bagi setiap anak.

"Setiap anak berhak mendapat akta kelahiran, oleh karena itu bagi ayah bunda yang menikah siri pun hak anak dilindungi oleh negara," ujarnya melalui Instagram @zudanarifofficial, dikutip dari Kompas.com Senin 26 September 2022.

Meskipun lahir dari pasangan nikah siri, anak tersebut tetap memperoleh haknya untuk membuat akta kelahiran karena ini menyangkut haknya sebagai warga negara yang diakui secara hukum.

Syarat Ganti Akta Kelahiran Jika Rusak Atau Hilang Secara Langsung di Disdukcapil !

Inilah Syarat pembuatan akta kelahiran berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan tentang penerbitan akta kelahiran bagi anak pasangan nikah siri sudah diatur sejak Permendagri Nomor 9 tahun 2016 sampai dengan sekarang di Permendagri 108 Tahun 2019.

Selain itu, cara mendaftarkan akta lahir anak pasangan nikah siri juga tidak terlalu sulit.

Jika masyarakat ( Pemohon ) ingin mengurus akta kelahiran dapat langsung datang ke kantor Dukcapil maupun mengurusnya secara online.

Syarat pembuatan akta kelahiran Adapun sejumlah persyaratan untuk permohonan akta kelahiran yakni sebagai berikut:

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved