Breaking News:

KTNA Mempawah Gelar Sarasehan Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan dan Petani Melalui Sistem Mina Padi

"Tata letaknya, satu sisi digunakan bertani, sedangkan di bagian yang lain pembibitan atau pembesaran benih ikan," katanya.

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkab Mempawah
Ketua KTNA Kabupaten Mempawah, Rusdi Ajong. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Erlina menghadiri Mimbar Sarasehan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Mempawah, di Saung P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan) Mina Bestari, Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, Sabtu 24 September 2022.

Ketua KTNA Kabupaten Mempawah, Rusdi Ajong, menyampaikan tema mimbar sarasehan tersebut adalah “Dengan Mimbar Sarasehan KTNA, Mari Kita Jadikan Budidaya Ikan Sistem Mina Padi Sebagai Usaha Unggulan Nelayan Tambak/Pembudidaya”.

"Sarasehan ini kita gelar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani melalui sistem Mina Padi. Yaitu sistem kolaborasi antara penanaman padi, serta budidaya ikan pada 1 wilayah yang sama," katanya, Minggu 25 September 2022.

Dirinya menjelaskan, secara sederhana, mina tani berarti bercocok tanam, baik padi atau palawija di sawah sambil beternak ikan.

Tutup Karaoke Dangdut Wonderful Mempawah, Wabup Pagi: Semoga Lahir Vokalis-vokalis yang Berprestasi

"Tata letaknya, satu sisi digunakan bertani, sedangkan di bagian yang lain pembibitan atau pembesaran benih ikan," katanya.

Rusdi menjelaskan sarasehan ini dilaksanakan dua kali setahun. Selain ajang silaturahmi, juga sebagai wadah para petani dan nelayan menyampaikan apa potensi dan permasalahan yang dihadapi.

“Setiap 6 bulan sekali kita gelar sarasehan ini dengan mengundang pejabat di bidang pertanian dan perikanan. Kita lakukan evaluasi terkait produksi, serta apa saja kendala di lapangan,” ungkapnya.

Selain evaluasi, imbuh Rusdi, KTNA sebulan sekali juga menggelar pertemuan dengan kelompok tani di kecamatan-kecamatan maupun desa untuk mengetahui kendala apa saja yang sedang mereka hadapi. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved