Diterjang Gelombang Besar, Kapal Motor Pembawa Bapok Tenggelam di Perairan Padang Tikar Kubu Raya

Kapolsek Batu Ampar Ipda Freddy Surya Purnama , S.H menyampaikan bahwa KM Harapan Jaya yang membawa berbagai bahan pokok berangkat dari Rasau Jaya

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Petugas Kepolisian saat menemui para ABK yang selamat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dihantam gelombang besar, sebuah kapal bernama KM Harapan Jaya yang di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat karam.

Peristiwa itu terjadi Jumat 23 September 2022 sekira pukul 13.00 di wilayah perairan Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Kapolsek Batu Ampar Ipda Freddy Surya Purnama , S.H menyampaikan bahwa KM Harapan Jaya yang membawa berbagai bahan pokok berangkat dari Rasau Jaya hendak Desa Sungai Besar, Kecamatan Batu Ampar.

Festival Dragon Boat Diharapkan Bisa Menjadi Event Pariwisata Kota Pontianak

Namun, saat melintasi di perairan tersebut, cuaca tiba-tiba memburuk dan membuat gelombang di perairan tersebut tinggi.

"gelombang air setinggi kurang lebih 2 meter masuk kedalam KM. Harapan Jaya, saat itu ABK berusaha menguras air menggunakan mesin, namun gelombang beser terus menghantam kapal mereka, ditambah dengan angin kencang, hingga akhirnya membuat kapal tenggelam,"ungkap Kapolsek, Sabtu 24 September 2022.

Saat itu, sejumlah warga bersama petugas menggunakan kapal motor lain yang mengetahui peristiwa itu segera berusaha menolong.

"Kapal tersebut tidak membawa penumpang hanya ada 1 orang nakoda dan 2 orang ABK, dan seluruhnya dalam keadaan selamat,'"ungkapnya.

Akibat tenggelamnya kapal tersebut, diperkirakan kerugian materil mencapai Lebih dari  Rp 60.000.000

Kapolsek Batu Ampar menghimbau masyarakat khususnya pelaku usaha transportasi air untuk senantiasa waspada, khususnya bila berlayar dicuaca yang sedang buruk, selain itu ia berpesan untuk memastikan bahwa di kapal terdapat berbagai atribut keselamatan sebelum berlayar. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved