Lokal Populer

Bupati Satono Ajak Masyarakat Kuatkan Kemandirian Pangan

Silakan menanam cabai, sawi, dan sayuran, di pekarangan rumah untuk menjadi stabilitas pangan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Imam Maksum
Bupati Sambas H Satono, menghadiri rakor PKH Kabupaten Sambas di Gedung BLK, Jumat 23 September 2022. Tribun/Imam 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bupati Sambas H Satono, menghadiri rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sambas tahun 2022 di Gedung BLK Dinas Sosial PMD, Kabupaten Sambas, Jumat 23 September 2022.

Kegiatan ini digelar oleh Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos PMD Sambas dihadiri 52 pendamping PKH se-Kabupaten Sambas.

Bupati Sambas H Sambas mengatakan dalam perjalanannya PKH Kabupaten Sambas pengajuannya belakangan dan Kabupaten Sambas mendapat atensi duluan. Pada awal tahun 2013 hanya dialokasikan 13 kecamatan kemudian pada tahun yang sama diakomodir menjadi 19 kecamatan.

"Kemudian 19 kecamatan diakomodir di Kemensos, sehingga lahir pendamping PKH sebanyak 24 orang," katanya dalam sambutannya.

Hadiri Penyerahan Bansos, Bupati Sambas: Harus Bangga Jadi Petani

Dia mengatakan hari ini dunia sedang digoncang krisis pangan dan energi. Dia menyebutkan, Indonesia sedang mengalami ujian inflasi termasuk Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sambas.

"Inflasi itu sederhananya adalah, ketika ada uang tidak ada barang. Ada barang tetapi orang mengantre. Dahulu mungkin ada uang ada barangnya. Tetapi hari ini tidak demikian. Tetapi syukur hari ini Kabupaten Sambas sebagai penyuplai beras di Kalbar," katanya.

Dia pun menjelaskan seperempat kebutuhan beras di Kalimantan Barat disuplai oleh Kabupaten Sambas. Sehingga sekitar 25 persen beras dari Kabupaten Sambas, harus tetap disyukuri karena Sambas merupakan lumbung beras.

"Bersyukur dan tak perlu malu menjadi petani. Saya selalu menyampaikan, sebelum pemerintah pusat mengatakan akan inflasi, saya lebih dahulu mengatakan untuk masyarakat supaya menguatkan pangan. Silakan menanam cabai, sawi, dan sayuran, di pekarangan rumah untuk menjadi stabilitas pangan," katanya. 

Tanam Cabai

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Singkawang punya cara tersendiri untuk menekan inflasi pangan di Kota Singkawang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved