Info Stimulus

Tidak ada Potongan Uang BLT BBM Rp 600.000, Cek Penjelasannya Disini!

Bantuan Langsung Tunai mulai disalurkan pemerintah melalui PT.Pos pada awal September 2022 lalu.

NET/ISTIMEWA
Ilustrasi BLT BBM - Untuk memastikan penyaluran BLT BBM tepat sasaran dan sampai kepada penerima ( KPM ) secara utuh pihaknya bersama Menko PMK telah meninjau langsung penyaluran BLT BBM di beberapa daerah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial ( Kemensos ) sendiri telah menyalurkan BLT BBM kepada 19,23 juta Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) yang terdampak kenaikan Harga BBM.

Bantuan Langsung Tunai mulai disalurkan pemerintah melalui PT.Pos pada awal September 2022 lalu.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan jika BLT BBM dengan nominal Rp 600.000 akan dibagikan dalam empat bulan dan dua tahapan, nantinya dalam pencairannya KPM akan menerima untuk dua bulan secara langsung.

Menteri Risma juga sempat menghimbau agar penyaluran BLT tidak ada pemotongan, hal ini diperergas mengingat BLT BBM yang disalurkan berupa uang tunai dan rentan untuk dipangkas nominalnya dengan berbagai alasan.

Hal ini juga disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden ( KSP ) Abraham Wirotomo mengenai kabar yang menyebutkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak ( BLT BBM ) yang diterima masyarakat tidak sesuai dengan besaran yang seharusnya.

Siapa Sasaran Bansos? Cek Cara Daftar Bansos BLT BBM Mandiri Klik Link Cekbansos.kemesos,go.id!

Untuk memastikan penyaluran BLT BBM tepat sasaran dan sampai kepada penerima ( KPM ) secara utuh pihaknya bersama Menko PMK telah meninjau langsung penyaluran BLT BBM di beberapa daerah.

Adapun lokasi yang dikunjungi oleh Menko PMK dan KSP yaitu beberapa desa Cikakak, kabupaten Brebes, Jawa Tengah dalam menindaklanjuti keluhan sebagian penerima BLT dan sembako terkait penarikan iuran untuk acara sedekah bumi atau bumian tahun 2023.

Keluhan tersebut viral di media sosial dan menjadi pemberitaan media massa, setelah ada unggahan foto kuitansi yang di atasnya tertulis 'untuk pembayaran, memotong 100 Ribu BLT untuk bumian tahun depan'

"Tidak ada pemotongan BLT BBM. Semua keluarga penerima manfaat terkonfirmasi menerima BLT dengan utuh," tegas Abraham.Ujarnya Jumat 23 September 2022.

Dimana Tempat Cairkan BLT BBM ? Cek Syarat Cairkan Bansos Lewat Kantor Pos!

Menurut Abraham munculnya isu pemotongan BLT BBM karena pengumpulan iuran sedekah bumi waktunya berdekatan dengan pelaksanaan penyaluran BLT BBM.

"Syukurlah sekarang semua sudah clear. Tadi ibu Rodiyah dan Ibu Cayem (warga yang menuliskan tambahan kalimat memotong 100 Rb BLT untuk bumian Thn depan pada kuitansi) juga sudah peluk-pelukan dengan ibu RT," terangnya.

Sebagaimana informasi yang kami rangkum dari situs kementerian, pencairan dilakukan dikantor Pos, Hal ini merupakan isntruksi langsung oleh Mensos Risma.

Tidak hanya itu Menteri Risma mengatakan bahwa PT.Pos berkewajiban untuk mengantarkan BLT BBM secara langsung hingga ketempat masyarakat yang terdaftar sebagai penerima.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved