Terpilih Mengikuti Youth Exchange Program India 2022, Ini Persiapan Restu Nissa Hafiza

Peserta yang lolos bertolak ke India 8 Agustus dan kegiatan berlangsung hingga tanggal 19 Agustus 2022. Sebelum dinyatakan lulus, Restu mengikuti pros

Penulis: Maskartini | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Restu
Restu Nissa Hafiza, Perwakilan Pramuka Indonesia dalam Youth Exchange Program India 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Youth Exchange Program India 2022 merupakan program yang diikuti oleh 15 negara dari seluruh dunia. Setiap negara diwakili oleh 10 orang pemuda dan 2 orang dewasa.

Indonesia turut mengirimkan 12 delegasi yang lolos seleksi se-Indonesia. Satu-satunya perwakilan Kalbar adalah Restu Nissa Hafiza.

Restu Nissa Hafiza merupakan perwakilan Pramuka Indonesia. Gadis kelahiran Ketapang, 7 Desember 2001 ini mengatakan seleksinya dimulai sejak Mei 2022 hingga pengumuman seleksi di akhir Juli 2022.

Peserta yang lolos bertolak ke India 8 Agustus dan kegiatan berlangsung hingga tanggal 19 Agustus 2022. Sebelum dinyatakan lulus, Restu mengikuti proses seleksinya administrasi, tertulis dan wawancara.

Deretan Prestasi Restu Nissa Hafiza, Wakili Pramuka Indonesia Dalam Youth Exchange Program India

Seleksi kata Restu dilakukan langsung oleh pihak Kedutaan Besar India di Indonesia, jadi pihak Indonesia atau kwartir nasional hanya menjadi perantara dalam hal penginformasian kegiatan dan seleksi.

"Seleksi kami dilakukan kedutaan besar India jadi para peserta yang lolos ini merupakan hasil keputusan dan masuk ke dalam kriteria yang kedutaan besar India inginkan untuk mengikuti kegiatan tersebut," ujar Restu, 23 September 2022.

Untuk persiapan diakuinya banyak yang harus dipersiapkan dari awal seleksi. Selain persiapan keberangkatan hingga kepulangan, seperti berkas-berkas penting, kemampuan bahasa dan kesehatan.

"Budaya dan makanan Indonesia juga dikonsep karena harus di tampilkan dan di kenalkan ke teman-teman dari berbagai negara yang juga mengikuti YEP India. Termasuk oleh-oleh khas Indonesia untuk diberikan sebagai kenang-kenangan dan lain sebagainya," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved