Peringatan Hantaru 2022, Kantor Pertanahan Singkawang Fokus Tingkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat

Di Kota Singkawang, Marihot menerangkan, pihaknya sudah membina tiga Kelompok Tani (Poktan) dan satu Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Kepala Kantor Pertanahan Kota Singkawang, Marihot Gultom saat diwawancarai wartawan. Jumat 23 September 2022. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dalam momen peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022 ini, Kantor Pertanahan Kota Singkawang lebih memfokuskan diri untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Singkawang, Marihot Gultom menerangkan, di tahun 2022 ini, pihaknya sedang fokus pada Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang merupakan program strategis nasional.

Menurut penuturan Marihot, bidang tanah di Kota Singkawang sudah hampir seluruhnya telah bersertifikat dan hanya menyisakan sekitar lima persen saja yang belum bersertifikat.

Meski begitu, pihaknya tetap fokus untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah di Kota Singkawang agar bersertifikat.

Tjhai Chui Mie Akui Terbuka Pada Penolakan Revitalisasi Pasar Beringin Singkawang oleh Pedagang

Terlebih, Kantor Pertanahan Kota Singkawang juga telah ditargetkan untuk mendaftarkan 367 bidang tanah di Kota Singkawang agar bersertifikat.

Dalam mencapai target tersebut, Marihot tidak memungkiri adanya kendala yang harus pihaknya hadapi, yakni lokasi bidang tanah yang menyebar di seluruh wilayah Kota Singkawang.

Oleh sebab itu, di tahun 2022 ini, pihaknya akan fokus terlebih dahulu di Kelurahan Bagak Sahwa di Kecamatan Singkawang Timur.

"Kalau tahun lalu kami fokus di Sedau, tahun 2022 ini kami akan fokus ke Kelurahan Bagak Sahwa di Kecamatan Singkawang Timur," ujar Marihot, Jumat 23 September 2022.

Marihot berharap, masyarakat Kota Singkawang dapat berperan aktif membantu petugas di lapangan dengan menunjukan batas-batas bidang tanah mereka.

Selain fokus dengan program PTSL, Kantor Pertanahan Kota Singkawanh juga fokus akan program lainnya seperti pemberdayaan masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved