Lokal Populer

Pendistribusian Bantuan Pangan Siap Disalurkan ke 14 Titik di Kalbar

Dengan permintaan pasar berkurang, harga bisa stabil atau bahkan turun karena permintaan jadi hukum ekonomi itu seperti itu,

TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero (dua dari kanan) ikut serta packing bantuan pangan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan nilai bansos setiap paket yang diberikan untuk satu keluarga ini kurang lebih Rp170 ribuan.

"Mudah-mudahan semuanya lancar, karena harapan kita melalui bansos bisa menekan permintaan di pasar. Jadi kalau belanja Rp170 ribu dari sebuah keluarga mungkin bisa seminggu, karena di dalamnya kan ada 5 kg beras, 2 kilo gula, 2 liter minyak goreng premium ada mie instan 10 bungkus, bawang 1/4 kg. Jadi paling tidak itu konsumsi seminggu lah ya," ujar Hero, Rabu 21 September 2022.

Jika permintaan menurun dengan bantuan beras, gula dan lainnya lantaran sudah diberikan bansos maka kata Hero, ada 20.000 keluarga yang tidak ada permintaannya pasar.

"Dengan permintaan pasar berkurang, harga bisa stabil atau bahkan turun karena permintaan jadi hukum ekonomi itu seperti itu," ujarnya.

Dukung Diversifikasi Pangan, PLN Bantu Kelompok Tani Kembangkan Porang

Di sisi lain yang menjadi tanggung jawab dinas perdagangan kata dia juga gencar melakukan operasi pasar sehingga simultan.

"Operasi pasar juga bisa menurunkan harga karena masyarakat pasti tergiring beli yang murah bukan beli yang mahal. Di sisi lain, kami mengurangi permintaan di pasar terbuka sehingga bisa menjamin stabilisasi harga. Konsepnya seperti itu, mudah-mudahan berhasil," ujarnya.

Siap Didistribusikan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar siap mendistribusikan bantuan pangan di 14 titik di Kalbar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan hal tersebut sesuai arahan presiden dan gerakan nasional pengendalian inflasi sebagai upaya pengendalian inflasi dan mitigasi inflasi di Kalbar.

Kadis Pangan Kalbar Sebut Bantuan Pangan 10 Kg Sembako Bisa untuk Sepekan

"Seluruh wilayah di provinsi di Indonesia diarahkan untuk bergerak dalam pengendalian inflasi. Dampak inflasi tidak baik untuk pertumbuhan ekonomi. Pemerintah provinsi melalui pak gubernur memilih dua program utama, operasi pasar dan bantuan sosial untuk penebalan jaringan sosial," ujar Her, Kamis 22 September 2022.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved