Kejuaraan Panjat Tebing Piala Bupati Sambas, FPTI Sebut Siapkan Atlet Kejurnas

"Persiapan ini dari Maret, diadakan di Kota Pontianak dan Kabupaten Kapuas Hulu, kemudian masuk seri ketiga ini di Kabupaten Sambas," katanya.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Imam Maksum
Bupati Sambas H Satono menghadiri pembukaan Kejuaraan Panjat Tebing di Wall Climbing Sambas, Jumat 23 September 2022. Bupati Sambas sekaligus membuka secara resmi even itu.Tribun/Imam 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bupati Sambas H Satono membuka secara resmi Kejuaraan Panjat Tebing Piala Bupati Sambas Seri III Kelompok Umur dan Umum. Even tersebut diikuti total 75 atlet sebagai peserta yang berlangsung 22-24 September 2022.

Mewakili pengurus provinsi (pengprov) Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Barat, Rusli, mengatakan sebelum dilaksanakan di Sambas, kejuaraan serupa lebih dulu digelar di dua kota dan kabupaten.

"Persiapan ini dari Maret, diadakan di Kota Pontianak dan Kabupaten Kapuas Hulu, kemudian masuk seri ketiga ini di Kabupaten Sambas," katanya.

Rusli menambahkan, kejuaraan panjat tebing ini sekaligus mempersiapkan atlet-atlet yang akan bertanding di Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Di samping itu, atlet yang bertanding ini pula menjadi cikal bakal yang akan tampil di level nasional bahkan internasional.

Baca juga: KONI Sambas Dukung Kejuaraan Panjat Tebing Jelang Perhelatan Porprov

"Ini dipersiapkan untuk kejurnas, kita usahakan nanti dimana akan dilaksanakan ya, walaupun saat ini belum ada keputusan. Ini ada mantan atlet nasional yang hadir. Ini akan menjadi cikal bakal atlet daerah, bisa melangkah ke ajang nasional bahkan internasional," tuturnya.

Dia berharap atlet-atlet muda cabor panjat tebing mampu menjadi regenerasi yang berprestasi untuk melanjutkan estafet atlet yang lebih senior. Kemudian di sisi lain, kata dia, olahraga panjat tebing memperlihatkan grafik yang meninggi diterima oleh masyarakat.

"Untuk menggantikan senior di atas, maka perlu regenerasi atlet yang menggantikan. Saya harap olahraga ini bisa diterima di masyarakat. Grafiknya mulai naik bagaimana ini diterima di masyarakat. Kami ingin ini terus maju dan berkembang," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved