BRI Hadirkan Figur Inspiratif Lokal untuk Dorong Pelaku UMKM Tanah Air

Berkomitmen mendorong inklusi dan literasi UMKM, BRI menghadirkan Figur Inspiratif Lokal (FIL).

Dok. BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) hadirkan program Figur Inspiratif Lokal (FIL) untuk bantu dorong inklusi dan literasi para pelaku UMKM di Tanah Air. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan program Figur Inspiratif Lokal (FIL) sebagai komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian dari akselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, FIL merupakan program pemberdayaan untuk mengapresiasi figur inspiratif lokal.

“Mereka sebagai sosok dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari dalam keterangan persnya, Jumat (23/9/2022).

Menurut Supari, untuk ke depannya, para figur inspiratif yang kompeten tersebut dapat menjadi partner bagi Marketing dan Analisis Mikro (Mantri) BRI untuk turut serta dalam akuisisi ekosistem bisnis perseroan.

Program FIL yang dihadirkan oleh BRI ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi.
Program FIL yang dihadirkan oleh BRI ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi. (Dok. BRI)

Untuk diketahui, Mantri BRI merupakan sebutan bagi tenaga pemasar mikro. Saat ini, mantri BRI sudah tersebar di lebih dari 77.327 desa atau kelurahan di seluruh Indonesia dengan jumlah mantri sebanyak 27.086 orang.

Sebagai informasi, sejak tahun 2021, program FIL telah dilaksanakan  dengan berbagai kegiatan, salah satunya bimbingan teknis (bimtek) oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Kemudian, dilanjutkan dengan uji kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) level IV, yaitu pendamping UMKM.

Sedangkan, untuk tahun 2022, terdapat 600 peserta yang telah mengikuti bimtek dan telah dinyatakan berkompeten.

Adapun peserta program ini datang dari beragam profesi, di antaranya kepala desa atau pengurus desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), ketua atau pengurus kelompok UMKM, tokoh masyarakat, dan agen Ultra Mikro.

“Kami bangga dengan FIL yang telah kompeten ini. Sebab, mereka aktif berkolaborasi dengan mantri BRI serta telah dipercaya oleh dinas-dinas di kabupaten atau kota untuk memberikan pendampingan kepada UMKM,” jelas Supari.

BRI, sebut dia, merasa optimistis bahwa program tersebut akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya.

“Diharapkan program ini terus berlanjut dan sejalan dengan dampak positif dari program FIL 2022 bagi UMKM, sekaligus visi dan misi BRI untuk terus memberi makna bagi Indonesia,” katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved