18 Peserta se Kalimantan Barat Turut Bersaing pada Perlombaan Festival Dragon Boat di Kota Pontianak

Dengan adanya perlombaan ini juga merupakan persiapan dari PODSI Kalbar untuk menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi, Prapon, dan PON mendatang.

Penulis: Muhammad Luthfi | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad Luthfi
embukaan Secara Simbolis Perlombaan Dragon Boat di Taman Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak, Jumat, 23 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Panitia Penyelengara Festival Lomba Dragon Boat Pontianak Abdi Nurkamil Mawardi menjelaskan sistematis perlombaan Dragon Boat yang diselengarakan di Taman Alun-Alun Kapuas tersebut.

Kata dia, lomba tersebut merupakan lomba berskala lokal, yang di ikuti oleh 18 peserta se Kalimantan Barat dan untuk sistem lombanya mengikuti keadaan.

Adapun 18 tim yang mengikuti lomba Dragon Boat tersebut berasal dari Sambas, Bengkayang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, dan Kapuas Hulu.

“Biasanya kita membuat kegiatan di hari Sabtu dan Minggu, tetapi berhubung titik kulminasi jatuh pada tanggal 23 maka kita adakan di hari Jumat,” ujarnya, usai peresmian pembukaan Lomba Dragon Boat di Taman Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak, Jumat, 23 September 2022.

Baca juga: Menuju Kedewasaan Daya, Dana dan Teologi, Gereja Protestan Kalbar Gelar Sidang Umum Sinode ke X

“Jadi ada beberapa tindakan yang kita buat, salah satunya pembatasan peserta kedua jarak lomba kita perpendek. Nah sistem lainnya menyesuaikan peraturan internasional,” tambahnya.

Dijelaskannya, di Kota Pontianak sendiri kegiatan dayung sempat hiatus selama tiga tahun dikarenakan Pandemi Covid - 19.

Meski demikian, dengan adanya perlombaan Dragon Boat hari ini tentunya menjadi angin segar bagi para atlit-atlit dayung di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak.

“Jadi kegiatan ini tiga tahun ya PODSI tidak ada kegiatan dayung, tentunya dengan kegiatan sekarang ini adalah pemanasan buat kita agar 2023 nanti Pontianak Dragon Boat ini menjadi Pontianak Internasional Dragon Boat,” katanya.

Selain itu menurutnya atlit-atlit dayung di Kalbar sangat berpotensi untuk tampil di kancah nasional bahkan internasional.

Hal tersebut berdasarkan beberapa perlombaan yang telah diikuti oleh atlit dayung Kalbar dengan membawa beberapa kemenangan, hal tersebut juga dinilainya cukup membanggakan.

Dengan adanya perlombaan ini juga merupakan persiapan dari PODSI Kalbar untuk menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi, Prapon, dan PON mendatang.

“Pertama Dragon Boat inikan adalah olah raga berprestasi tentunya dengan ada bibit-bibit inu menjadi lubung andalan atlit pendayung Kalbar untuk persiapan kita ke Pekan Olah Raga Provinsi, Prapon, dan PON,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved