Dosen IKIP PGRI Pontianak Laksanakan PKM Kemendidbud Ristek

Tuntutan perubahan dunia pendidikan akibat pandemi covid-19 diupayakan untuk dipecahkan oleh tim Dosen Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Program PKM IKIP-PGRI Pontianak yakni pelatihan pembuatan media pembelajaran digital dan LKPD 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Masa new normal memberikan perubahan yang sangat berarti terhadap dunia pendidikan. Terutama pada proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan segala perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19

Misalnya kualitas pembelajaran jumlah peserta didik di kelas, serta kurikulum yang berlaku di sekolah.

Tuntutan perubahan dunia pendidikan akibat pandemi covid-19 diupayakan untuk dipecahkan oleh tim Dosen Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP-PGRI) Pontianak. 

IKIP PGRI Pontianak Perjuangkan Pemenuhan Syarat Miliki PPG

Lewat hibah program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemendidbud Ristek permasalahan tersebut akan dicarikan solusi.

Ketua tim pelaksana Matsun mengatakan dalam program PKM tersebut digelar pelatihan pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kurikulum merdeka dan pembuatan media pembelajaran. 

Dengan lima kali pertemuan para guru diberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan LKPD secara daring dan luring.

"Guru SMPN 3 Sungai Kakap diberikan materi cara membuat LKPD yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan kurikulum mardeka yang berlaku," ucap Matsun pada Kamis 22 September 2022.

Dirinya menambahkan selain berikan pelatihan Guru SMPN 3 Sungai Kakap juga diberikan pendampingan pembuatan LKPD. 

Para guru di dampingi oleh tim pelaksana dan mahasiswa dalam memilih materi dan penentuan capaian pembelajaran. Lalu pembuatan teori singkat, pembuatan proyek berbasis kearifan lokal, serta penyusunan evaluasi. 

Ia menjelaskan selanjutnya para guru diberikan kesempatan untuk membuat LKPD di rumah masing-masing. Dalam prosesnya para guru juga diberikan pendampingan secara daring melalui whatsapp grup. Para guru bisa bertukar informasi dan menyampaikan pertanyaan mengenai LKPD melalui whatsapp group tersebut. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved