Breaking News:

Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Gelar Rapat Koordinasi PPID

PPID Kabupaten Sanggau sangat strategis untuk mewujudkan hal tersebut sekaligus dalam upaya untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerinta

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka saat foto bersama usai membuka Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID) Tingkat Kabupaten Sanggau. Kegiatan dipusatkan di Aula Bapenda Sanggau, Kalbar, Kamis 22 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau melaksanakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID) Tingkat Kabupaten Sanggau. Kegiatan dipusatkan di Aula Bapenda Sanggau, Kalbar, Kamis 22 September 2022. Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka.

"Dalam rangka kegiatan Rakor PPID ini sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa melalui Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi, telah memberikan amanat kepada kita bahwa masyarakat harus mendapatkan  akses seluas-luasnya untuk memperoleh informasi. Terutama tentang penyelenggara dan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih terbuka, mudah, cepat akurat, dan murah berdasarkan ketentuan yang berlaku,"kata Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka, Kamis 22 September 2022.

Oleh karena itu, peran PPID Kabupaten Sanggau sangat strategis untuk mewujudkan hal tersebut sekaligus dalam upaya untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Karena dengan informasi yang terbuka, maka akan membangun partisipasi publik dalam pengambilan kebijakan.

Wabup Ontot Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Kebakaran di Desa Nanga Biang Sanggau

"Keterbukaan informasi kerap beriringan dengan kebebasan opini korektif yang cerdas dan kritis, artinya kita harus memahami bahwa paradigma yang terjadi dalam perkembangan  masyarakat  kita dewasa ini, masyarakat sudah mulai cerdas dan kritis, sehingga cendrung memberikan kritik-kritik atau koreksi terhadap pelaksanaan layanan publik,”jelasnya.

Lebih lanjut, Kukuh mengatakan bahwa semua tingkat Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat telah melakukan penilaian oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat.

"Adapun tujuan tersebut, kita berharap Kabupaten Sanggau tahun 2022 ini bisa menjadi terbaik kembali, itu harapan kita bersama,"jelasnya.

Dengan harapan Kabupaten Sanggau mampu memperoleh nilai yang tertinggi karena sebelumnya,  Kabupaten Sanggau pada tahun 2021 memproleh peringkat satu dalam monitoring dan evaluasi badan publik tahun 2021 se-Kalimantan Barat, sedangkan pada tahun 2020 memperoleh peringkat kedua dalam rangka pemeringkatan badan publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat

“Oleh karena itu saya tekankan kepada PPID Kabupaten Sanggau agar segera melakukan persiapan-persiapan, untuk tahun berikutnya diantaranya penyusunan daftar informasi publik termasuk informasi yang dikecualikan yang akan disampaikan dalam forum rakor ini,”tegasnya.

Sekda mengatakan, kegiatan Monev tahun 2021 lalu, Kabupaten Sanggau memiliki peringkat yang baik sekali yaitu sebagai peringkat satu.

"Dan saya yakin saudara-saudara telah mengetahui apa saja kekurangan atau kelemahan yang masih kita temukan, sehingga hal itu harus menjadi catatan untuk disempurnakan pada kegiatan monitoring dan evaluasi tahun 2022,"ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved