Pemilu 2024

Bawaslu Sekadau Buka Rekrutmen Panwascam, Ajak Masyarakat Cegah Pelanggaran Pemilu

Kordiv Pengawasan dan Hubungan Lembaga Bawaslu Sekadau, Tiodorus Sutet mengatakan saat ini tahapan perekrutan Panwascam sudah memasuki tahapan pendaft

TRIBUNPONTIANAK/Marpina Sindika Wulandari
Tiodorus Sutet saat menghadiri Coffee Morning KPU Sekadau di Lupung Coffee, Kamis 22 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sekadau, membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024. Harap masyarakat Sekadau yang berpotensi manfaatkan peluang, Kamis 22 September 2022.

Kordiv Pengawasan dan Hubungan Lembaga Bawaslu Sekadau, Tiodorus Sutet mengatakan saat ini tahapan perekrutan Panwascam sudah memasuki tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota yang dimulai sejak tanggal 21-27 September 2022.

Dimana selanjutnya akan dilakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam dari tanggal 28-30 September 2022. Kemudian pengumuman masa pendaftaran calon anggota Panwascam 1 Oktober dan perpanjangan masa pendaftaran calon anggota Pancam tanggal 2-8 Oktober 2022.

KPU Sekadau Gelar Coffee Morning Sistem Informasi dan Aplikasi Kepemiluan

Tahapan berikutnya adalah penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam 2-8 Oktober. Penelitian berkas administrasi pendaftaran calon anggota Panwascam 9-11 Oktober. Serta pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota Panwascam, tanggapan dan masukan dari masyarakat tanggal 12-18 Oktober.

Tes tertulis calon anggota Panwascam dilakukan 14-16 Oktober. Dilanjutkan pengumuman hasil tes tertulis 17 Oktober 2022. Pelaksanaan tes wawancara calon anggota Panwascan 18-22 Oktober, pleno penetapan calon anggota Panwascam 23-24 Oktober 2022. Serta pelantikan dan pembekalan Panwascam 26-28 Oktober.

Sutet mengatakan, dalam rangka memberikan pengawasan pada tahapan pemilu 2024. Bawaslu juga memiliki beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti SIPS, Sigap Lapor dan Siwaslu.

Selain itu Bawaslu juga akan menggandeng konten kreator, untuk bersama-sama mengawasi tahapan pemilu yang sedang terlaksana.

"Kita juga menggandeng Mafindo. Karena jumlah kami yang terbatas. Bawaslu mengajak semua pihak mencegah berbagai bentuk pelanggaran. Mari bersama-sama menjaga dan mensukseskan pemilu ini, " imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved