Walikota Pontianak Sebut Turis Asing Juga Nikmati Sensasi Matahari Berkulminasi di Tugu Khatulistiwa

Puncak dari gelaran ini adalah detik-detik matahari berada tepat di atas objek yang berada di kawasan Tugu Khatulistiwa sehingga bayangan

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dok Prokopim
Turis asing asal Kanada ikut mendirikan telur bersama Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono pada Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa Turis asing yang datang ke Kota Pontianak juga ikut merasakan sensasi pada gelaran pesona kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat, Rabu 21 September 2022.

Pasalnya Pesona Kulminasi Matahari 2022 ini semakin meriah dengan berbagai hiburan dan kesenian yang disuguhkan, seperti tari-tarian, lagu akustik Melayu Kota Pontianak, fashion show, edukasi tentang terjadinya kulminasi hingga mendirikan telur. 

Puncak dari gelaran ini adalah detik-detik matahari berada tepat di atas objek yang berada di kawasan Tugu Khatulistiwa sehingga bayangan yang ada disekitarnya tidak terlihat.

Muda Mahendrawan Sebut Kakap Expo Buat Event Robo Robo Jadi Semarak di Kubu Raya

Di antara pengunjung, tampak beberapa turis asing yang salah satunya berasal dari Kanada. Bersama Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mereka ikut mencoba mendirikan telur. 

"Antusias mereka begitu tinggi melihat fenomena alam yang terjadi setahun dua kali. Turis asing menikmati sensasi kulminasi matahari sebab di negara asal mereka fenomena alam seperti ini tidak terjadi," kata Wako Edi..

Kata Wako Edi, event kulminasi matahari ini menjadi brand unggulan Kota Pontianak yang terus dilestarikan.

Pasca pandemi covid-19 ini pun antusias masyarakat pun kian tinggi menyambut kulminasi matahari. Hanya saja masih perlu dioptimalkan lagi dengan keterlibatan semua pihak untuk mensukseskan agenda ini.

Apalagi Kulminasi Matahari sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kita harapkan ini terus berkembang menjadi sebuah event, tidak hanya lokal tetapi nasional hingga internasional," tuturnya.

Perayaan Pesona Kulminasi kali ini merupakan yang kali pertama digelar usai dilanda pandemi selama dua tahun. Sehingga tahun ini menjadi momentum bersama kebangkitan ekonomi dan menambah semangat produktivitas. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved