Lokal Populer

Pemkab Kapuas Hulu Datangkan Dokter Spesialis Dari Luar Untuk Pelayanan Kesehatan 

Fransiskus Diaan juga menjelaskan, untuk mendatangkan sejumlah dokter spesialis, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu telah bekerjasama dengan pihak USU

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Sahirul Hakim
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu telah menganggarkan dana dalam APBD Perubahan tahun 2022, untuk mendatangkan sejumlah dokter spesialis, membantu pemerintah desa memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyatakan, ada beberapa dokter spesialis yang akan didatangkan dari luar seperti diantaranya adalah dokter spesialis anestesi, akan bertugas di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau dan RS Semitau, agar BPJS Kesehatan di Kapuas Hulu aktif kembali.

"Dimana saat ini dokter spesialis anestesi terus menjadi persoalan, dimana saat ini mendapat keluhan dari masyarakat, dalam menggunakan BPJS Kesehatan, yang tidak bisa digunakan, karena tidak ada dokter spesialis anestesi di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau," ujarnya, Selasa 20 September 2022.

Fransiskus Diaan juga menjelaskan, untuk mendatangkan sejumlah dokter spesialis, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu telah bekerjasama dengan pihak Universitas Sumatera Utara, dengan harapan bisa membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kapuas Hulu.

Pemerintah Akan Laksanakan Regsosek di Kapuas Hulu

"Terkait anggarannya tak hafal berapa secara versis, dan pastinya anggaran cukup besar untuk mendatangkan dokter spesialis, bertugas di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau dan rumah sakit Semitau," ungkapnya.

Diketahui bersama bahwa dalam rapat sidang paripurna di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu mengusulkan telah anggaran APBD perubahan tahun 2022 ke DPRD ada sebesar Rp 35 Miliar.

Visitasi Pendayagunaan Dokter Spesialis

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, H Mohd Zaini, telah menghadiri langsung acara Visitasi Pendayagunaan Dokter Spesialis (PDGS), dihadiri langsung Kementerian Kesehatan RI, di RSUD Semitau, Kecamatan Semitau, Kamis 25 Agustus 2022.

Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyatakan, tujuan dari kegiatan PDGS ini adalah untuk menilai kesesuaian dan kesiapan RSUD Semitau, dari sisi sarana dan prasarana dan alat kesehatan.

APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan Usulan ke DPRD Sekitar Rp 35 miliar

"Jadi agar semua fasilitas di RSUD Semitau lengkap atau sesuai dengan kebutuhan, dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu itu sendiri," ujarnya kepada wartawan.

Maka dari itu jelas Zaini, sangat penting dilaksanakan Visitasi Pendayagunaan Dokter Spesialis tersebut di RSUD Semitau.

"Keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu, untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ucapnya.

Sekda Kapuas Hulu juga berharap, dengan adanya kunjungan dari kementrian kesehatan saat ini, agar RSUD semitau mendapatkan Dokter spesialis melalui program pendayagunaan Dokter spesialis.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, akan berupaya memenuhi kebutuhan sebagaimana maksud dan tujuan vasitasi ini," ujarnya.

Dalam acara tersebut, selain hadir Sekretaris Daerah Pemkab Kapuas Hulu, juga ada Plt. Kepala Inspektorat, Kepala BPJS Cabang Sintang, Tim Visitasi PDGS Kementrian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Tim Visitasi Dokter spesialis, Camat Semitau, Camat Suhaid, Kepala Desa, dan Direktur RSUD Semitau. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved