Pasca Terbakar, Balitbang Kalbar Sementara Berkantor di Gedung Satpol PP Kalbar

"Ndak, karena saya pernah stay di Jepang, jadi sudah mendapat pelatihan bencana ya, jadi setiap masyarakat itu di ajar tidak panik apa yang akan dilak

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD FIRDAUS
Kondisi terkini gedung Kantor Balitbang Prov Kalbar paska kebakaran selasa sore kemarin. Rabu, 21 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kebakaran yang terjadi di Kantor Balitbang Prov Kalbar Selasa sore, 20 September kemarin menyebabkan bangunan tersebut ludes terbakar.

Hari ini, terpantau sudah terpasang Police line yang mengelilingi sisa puing-puing dari bangunan tersebut.

Sejak pagi para pegawai Kantor Balitbang terlihat sedang berkumpul, seraya mencoba mengevakuasi sisa-sisa barang berharga yang kemungkinan masih bisa diselamatkan.

"Evakuasi barang-barang mungkin masih ada yang selamat," ucap Nadi salah satu Mahasiswa magang di Kantor tersebut. Rabu, 21 September 2022.

Sementara itu, Herkulana Mekarryani Kepala Balitbang Prov Kalbar yang masih di dalam ruangannya pada saat kebakaran. Saat diwawancarai Tribun Pontianak di sela-sela agendanya di Hotel Golden Tulip Pontianak, ia mengaku sudah merasa tenang paska Insiden tersebut.

Terkena Imbas Kebakaran, SPBU Kota Baru Tutup Pelayanan BBM

Beruntung katanya masih ada beberapa perlengkapan kantor yang bisa diselamatkan, namun demikian diakuinya banyak berkas-berkas yang ikut terbakar namun masih tersimpan backup data di google drive.

Hanya saja dokumen keuangan kantor tidak bisa diselamatkan, dikarenakan ruangan sudah terkunci saat kejadian tersebut berlangsung.

"Sehingga kami masih bisa menyelamatkan berkas-berkas penting, dan sangat penting, dengan komputer. Sedangkan beberapa dokumen lain tidak bisa diselamatkan secara fisik, tetapi kebetulan juga teman-teman sudah melakukan backup data di google drive. Hanya saja mungkin dokumen keuangan karena ruangannya terkunci jadi ndak bisa diselamatkan," ucapnya.

Kemudian untuk keberlangsungan kerja Balitbang Kalbar kedepan paska terjadinya kebakaran tersebut, Herkulana mengaku bahwa pihaknya telah melakukan survey lokasi di gedung Kantor Satpol-PP Kalbar lantai 3 yang mungkin akan dijadikan kantor sementara Balitbang Prov Kalbar nantinya.

"Kami tetap berkantor lah di belakang itu kan masih bisa digunakan, dan meminjam teras itu untuk hari ini. Tapi, insyaallah kalau berkenan, tadi bersama pimpinan bapak Sekda yang sangat mendukung kami, bersama BKAD, dan dari Satpol-PP, kita sudah survey gedung Satpol-PP lantai 3," ucapnya.

Namun demikian menurutnya pihaknya masih menunggu keputusan Pimpinan, sebab kemungkinan masih ada alternatif-alternatif gedung lain yang bisa dijadikan kantor sementara.

"Tapi kami menunggu keputusan pimpinan, apakah kami di gedung Satpol-PP lantai 3 atau nanti ditempat yang lain. Karena nanti masih ada survey-survey dari BKAD, jadi kami masih menunggu karena masih ada alternatif-alternatif lain," ucapnya.

Sementara untuk beberapa hari ini untuk tetap menjaga keberlangsungan, diterapkan WFH untuk para pegawai perempuan Balitbang Prov Kalbar. Sementara untuk pegawai pria dikerahkan untuk standby dan berjaga-jaga di lokasi kejadian, guna menjamin berlangsungnya penyelidikan dari pihak kepolisian.

"Untuk teman-teman yang perempuan kita lakukan WFH, dan staf yang pria bergiliran untuk standby di lokasi, jadi kita menjaga lokasi juga. Supaya nanti saat polisi melakukan forensik dapat diketahui asal api yang sebenarnya," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved