Diskominfo Kalbar Gelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat

Pembinaan KIM yang dapat secara rutin dilaksanakan dapat mendorong KIM sebagai mitra pemerintah daerah bisa berperan dalam menyebarluaskan informasi

Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Maria Wijayanti Saat mewakili Kepala Dinas Kominfo Kalbar kegiatan pembinaan kelompok Informasi Masyarakat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan pembinaan kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Selasa 13 September 2022.

Pembinaan KIM yang dapat secara rutin dilaksanakan dapat mendorong KIM sebagai mitra pemerintah daerah bisa berperan dalam menyebarluaskan informasi di tingkat desa atau kelurahan.

Di sisi lain, KIM juga bisa menjadi penampung aspirasi masyarakat desa untuk disampaikan kepada pemerintah daerah.

Sehingga dengan terbentuknya KIM diharapkan akses informasi yang sesuai kebutuhan masyarakat kian terbuka dan mudah.

Diskominfo Sintang dan Desa Jerora 1 Presentasi di Depan Tim KI Kalbar

Ketua panitia kegiatan Maria mengatakan pembinaan KIM yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tugas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini selaku fasilitator dan dinamisator dalam menjalankan perannya untuk mendorong KIM yang telah terbentuk agar semakin mandiri dalam mencari, mengolah dan memanfaatkan informasi untuk meningkatkan taraf hidup anggota KIM maupun masyarakat dimana KIM berada.

Kim diharapkan dapat memilah dan menyebarkan informasi yang benar, khususnya informasi yang bernilai positif dan akan berdampak positif jika segera di sebarluaskan dan di pertukarkan. Disinilah KIM bisa ikut membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi yang memberdayakan, yakni informasi yang mengubah pandang masyarakat, tutur Maria

Berdasarkan PERMENKOMINFO Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) termasuk salah satu Pemangku Kepentingan. Pemangku Kepentingan merupakan mitra Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki potensi sebagai jejaring dalam diseminasi informasi publik, ujar Maria.

Pembinaan KIM diselenggarakan selama 1 (satu) hari, tanggal 20 September 2022, bertempat di Aula Binaul Dinas Kominfo Provinsi kalbar, dengan kegiatan penyampaian materi oleh narasumber dari Kementerian Kominfo RI (online / daring), Penyampaian Materi oleh Narasumber DPD Gradasi Provinsi Kalbar, Diskusi dan Tanya jawab yang di ikuti oleh  56 (lima puluh enam) orang peserta yang terdiri dari unsur Dinas Kominfo Kabupaten / Kota dan Unsur KIM Kabupaten/Kota. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved