Aturan Baru Pemecatan PNS dari Presiden Jokowi Berlaku Mulai Hari Ini

Aturan baru pemecatan Aparatur Sipil Negara AN di Indonesia sesuai peraturan dari Peeisden Joko Widodo atau Jokowi yang berlaku mulai hari ini.

Editor: Rizky Zulham
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Kolase PNS Indonesia - Aturan Baru Pemecatan PNS dari Presiden Jokowi Berlaku Mulai Hari Ini Selasa 20 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Simak aturan baru pemecatan Aparatur Sipil Negara AN di Indonesia sesuai peraturan dari Peeisden Joko Widodo atau Jokowi yang berlaku mulai hari ini Selasa 20 September 2022.

Aturan ini dibuat Sebagai bentuk perhatian penuh Presiden RI Jokowi.

Terhadap penyelesaian permasalahan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak sesuai Norma, serta Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah diberikan mandat untuk perkuat Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) pada pelaksanaan NSPK Manajemen ASN.

PNS Minggir! Intip Gaji dan Bonus Pegawai BUMN Milik Nagita Slavina Istri Raffi Ahmad

Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Manajemen ASN yang telah ditetapkan pada 14 September 2022.

Tujuan utama dari Perpres ini adalah untuk memastikan kebijakan dan implementasi Manajemen ASN.

Hal itu diungkap Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama melalui keterangan tertulisnya, Senin 19 September 2022.

Pada setiap instansi pemerintah telah sesuai dengan NSPK dan untuk mewujudkan Wasdal yang terintegrasi," katanya.

Lebih lanjut, Satya menjelaskan, dalam menjalankan kontrol kepatuhan NSPK manajemen ASN oleh BKN terkait permasalahan kepegawaian, seperti pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian ASN oleh Pelaksana Tugas/Penjabat/ Penjabat Sementara Kepala Daerah, dilakukan dengan 2 metode, yakni metode preventif (pencegahan) dan metode represif (penanganan).

Metode pencegahan meliputi penilaian kebijakan dan pelaksanaan NSPK Manajemen ASN, bimbingan teknis, konsultasi, monitoring dan evaluasi, dan pemanfaatan sistem informasi pengawasan dan pengendalian.

Cek Besaran Gaji PNS TNI Polri dan Pensiunan Terbaru Bulan Oktober 2022 Lengkap Rincian Tunjangan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved