Selama 2 Tahun Vakum, BATIK 2022 PASTOLIK FK UNTAN Kembali Digelar

Kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja dari Bidang PELMAS (Pelayanan Masyarakat) dalam....

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Kegiatan Bakti Sosial PASTOLIK tahun ini kembali diselenggarakan di Dusun Bawing, Desa Bumbun, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah pada 10 - 11 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kegiatan Bakti Sosial PASTOLIK tahun ini kembali diselenggarakan di Dusun Bawing, Desa Bumbun, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah pada 10 - 11 September 2022.

Setelah dua tahun vakum karena pandemic Covid-19, kegiatan BATIK (Bakti Sosial PASTOLIK) kembali diselenggarakan oleh Persekutuan Mahasiswa Katolik Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (PASTOLIK FK UNTAN).

Kegiatan BATIK yang diketuai oleh Mutiara Suryani Eduarna tahun ini mengusung tema yang bertajuk “Melayani Dalam Iman Kristus dan Berbakti Dalam Kasih”.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja dari Bidang PELMAS (Pelayanan Masyarakat) dalam organisasi PASTOLIK.

Selain panitia dan Fr. Roni selaku frater pendamping, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh sukarelawan yang mayoritas merupakan anggota PASTOLIK terdahulu.

“Rangkaian kegiatan BATIK yang dilaksanakan antara lain berupa reparasi kondisi eksterior dan interior gereja yang sudah rusak serta dilakukan pemberian obat-obatan dan vitamin yang diberikan kepada masyarakat setelah terlaksananya Medical Check-Up seperti cek tekanan darah, tes gula darah, tes kolesterol, dan tes asam urat yang dilakukan oleh relawan yang hadir,” terang Ketua BATIK PASTOLIK 2022, Mutiara Suryani Eduarna.

Wakili Indonesia, Atlet Catur Kalbar Raih Juara 3 Pada Kejuaraan Catur Internasional di Malaysia

Selain Medical Check-Up, diadakan juga Sekolah Minggu untuk anak-anak dan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan BATIK adalah sebagai wujud nyata kepedulian mahasiswa Katolik Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura untuk melayani serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa yang cukup sulit untuk dijangkau dan tentunya jauh dari layanan kesehatan,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tentunya didukung oleh sponsorship yang memberi bantuan dana dan obat-obatan yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Rumah Sakit Antonius, Apotek Cipta, Medika Raya Alkesindo, Gereja St. Agustinus, serta media partner Tribun Pontianak.

Anton, selaku ketua umat Dusun Bawing menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kunjungan dan bantuan dari PASTOLIK FK UNTAN ke dusun tersebut.

“Kami atas nama umat Katolik serta seluruh warga Bawing sangat-sangat berterima kasih atas kunjungan kakak serta rekan atas partisipasinya tadi siang. Kami juga minta maaf jikalau ada kekurangan dan tutur kami yang salah saat pelaksanaan BATIK tadi semoga apa yang diberikan tadi bermanfaat dan menjadikan pengalaman kita bersama, salam kepada rekan-rekan semoga Tuhan memberkati,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat Dusun Bawing benar-benar menyambut dengan hangat kedatangan kami dengan senang hati.

Kegiatan BATIK Tahun 2022 merupakan kali kedua PASTOLIK mengadakan kegiatan bakti sosial setelah penantian selama 2 tahun sehingga kegiatan ini sangat ditunggu dan dinanti-nantikan pelaksanaannya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan organisasi PASTOLIK dapat menjadi wadah pelayanan bagi sesama dan dapat berbagi dengan yang membutuhkan agar orang-orang di sekitar dapat merasakan kasih Tuhan sungguh luar biasa di dalam hidup ini,” tutupnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved