Sekda Sanggau Launching Aplikasi DJAMIN dan SIDARASALIMBA

Pemenuhan kebutuhan akan sektor pelayanan infrastruktur air minum/air bersih dan sanitasi/air limbah adalah dalam rangka menjamin hak rakyat

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka saat memukul gong saat melaunching aplikasi Database Jalan dan Air Minum (DJAMIN) dan Sistem Informasi Data Sanitasi dan Air Limbah (SIDARASALIMBA) di Aula Hotel Harvey Sanggau, Kalbar, Senin 19 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka melaunching aplikasi Database Jalan dan Air Minum (DJAMIN) dan Sistem Informasi Data Sanitasi dan Air Limbah (SIDARASALIMBA) di Aula Hotel Harvey Sanggau, Kalbar, Senin 19 September 2022.

Pemenuhan kebutuhan akan sektor pelayanan infrastruktur air minum/air bersih dan sanitasi/air limbah adalah dalam rangka menjamin hak rakyat dan meningkatnya akses terhadap air bersih dan sanitasi

Dalam pelaksanaan pemenuhannya dilakukan secara terpadu dan kolaborasi dengan pengembangan sarana dan prasarana air bersih/air minum dan sanitasi/air limbah untuk menjamin keberlanjutan fungsi penyediaannya serta terhindarnya sumber baku air minum dari pencemaran air limbah dan sampah. 

Kapolres Kayong Utara Beri Penghargaan Anggota Berprestasi 

Dalam sambutannya Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka mengatakan bahwa aplikasi ini merupakan inovasi komitmen dalam rangka mewujudkan kebijakan Pemerintah Kabupaten khususnya di bidang air minum/air bersih dan sanitasi/air limbah.

“Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu dalam pengambilan kebijakan yang tepat akurat dan obyektif untuk perencanaan pembangunan sarana/prasarana terkait bidang air minum/air bersih dan sanitasi/air limbah di Kabupaten Sanggau,”katanya, Senin 19 September 2022.

Dengan dibuatnya aplikasi DJAMIN dan SIDARASALIMBA, tugas selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan kedua aplikasi tersebut sebaik-sebaiknya. Sehingga dapat memberikan manfaat secara optimal khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sanggau yang maju dan terdepan.

”Kita semua berharap aplikasi DJAMIN dan SIDARASALIMBA ini bisa mencapai hasil yang maksimal dan berkelanjutan dalam upaya mewujudkan akses air minum dan sanitasi yang layak untuk Sanggau sehat dan bermartabat,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi menyampaikan bahwa aplikasi ini  nantinya juga bisa ditawarkan ke pihak-pihak lain untuk alternatif pembiayaan.

Aplikasi ini harus kolaborasi dengan stakeholder lain, misalnya perusahaan. Perusahaan harus peduli bahwa disekitarnya memerlukan data itu ada daerah-daerah yang memerlukan air bersih. "Nah itu yang kita tawarkan, jadi CSR itu sebenarnya program seperti ini yang kita harapkan," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved