Lokal Populer

Longsor PETI di Lembah Bawang, Penegakan Hukum Dalam Penyelidikan dan Penanganan Polres Bengkayang

Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal sempat mengatakan untuk segera menangkap bos/pemodal itu, dan katakan merekalah yang menjadi dalang utama

TRIBUNPONTIANAK/Polda Kalbar
Proses pencarian korban longsor di lokasi Peti di Kabupaten Sambas oleh tim SAR Gabungan. Sabtu 17 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan untuk penegakan hukum akan tetap dilaksanakan.

"Untuk penegakan hukum tetap dilaksanakan, "katanya saat di konfirmasi pada hari Minggu, 18 September 2022.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal sempat mengatakan untuk segera menangkap bos/pemodal-pemodal itu, dan katakan merekalah yang menjadi dalang utama.

Dengan adanya hal tersebut, Petit katakan kasus tersebut masih dalam penyidikan dan sedang ditangani oleh Polres Bengkayang.

Paska Longsor PETI, Staf Camat Selakau Timur Sebut Lokasi Sepi Saat Peninjauan

"Memang untuk penegakan hukum masih dalam penyelidikan dan penanganan oleh Polres Bengkayang, "ujarnya.

Di sisi lain insiden yang merenggut 5 nyawa tersebut setelah dilakukan evakuasi oleh tim SAR gabungan, ternyata tak menemukan tambahan korban jiwa melainkan hanya berupa peralatan dan mesin dompeng.

"Dalam proses pencarian kemarin hanya mendapatkan barang-barang berupa linggis, sepatu boat dan mesin dompeng, "kata Untung Humas Basarnas.

Dikarenakan tak adanya tambahan korban jiwa, tim SAR gabungan melakukan evaluasi bersama, dan memutuskan untuk pencarian korban dihentikan.

Namun jika ada warga yang melapor dan merasa pihak keluarganya ada yang hilang tim SAR siap melakukan koordinasi bersama BPBD Kab. Bengkayang.

"Basarnas akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bengkayang yang merupakan leading sector dalam kejadian bencana , TNI/POLRI dan unsur terkait untuk upaya dan langkah selanjutnya, "terangnya. 

Terus Lakukan Pencarian

Meski tidak ada laporan kehilangan anggota keluarga dari masyarakat.

Jajaran Polres Bengkayang dan TNI masih berusaha melakukan pencarian korban longsor di lokasi diduga Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di dekat Dusun Secepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Minggu 18 September 2022.

"Kami hari ini masih kerja. Kalau keluarga korba yang melapor, sudah tidak ada lagi," ujar Kapolres Bengkayang, AKBP Dr. Bayu Suseno, Minggu 18 September 2022.

Polisi Lakukan Penyelidikan Lokasi PETI yang Sebabkan Longsor Timbun Pekerja Hingga Meningga Dunia

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved