IKIP PGRI Pontianak Perjuangkan Pemenuhan Syarat Miliki PPG

Selain itu dirangkaikan dengan pengisian borang instrumen pemenuhan syarat minimum akreditasi program studi dengan sembilan kriteria.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/IKIP PGRI Pontianak
Bimtek penyusunan instrumen pemenuhan syarat minimum akreditasi prodi serta pengisian borang instrumen pemenuhan syarat minimum akreditasi prodi./ IKIP PGRI Pontianak 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia ( IKIP PGRI ) melaksanakan revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) serta bimbingan teknis (bimtek) dalam upaya penyusunan instrumen pemenuhan syarat minimum akreditasi program studi.

Selain itu dirangkaikan dengan pengisian borang instrumen pemenuhan syarat minimum akreditasi program studi dengan sembilan kriteria.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yakni Doktor Saliman dan Doktor Yanti dari Universitas Terbuka Jakarta.

Ketua pelaksanaan Marhadi Saputra menyampaikan kegiatan revitalisasi tersebut bertujuan untuk merealisasikan kebijakan Kemendikbud Ristek Dikti dalam membantu LPTK untuk pengusulan program studi Pendidikan Profesi Guru ( PPG ).

Baca juga: Cuaca Ekstrim, Hujan Lebat dan Angin Kencang, BPBD Kota Pontianak Siap Siaga

Dengan hadirnya program revitalisasi LPTK ini pemerintah melalui Kemendikbud Ristek Dikti berharap dapat mempermudah Perguruan Tinggi LPTK dapat menjadi Penyelenggara PPG.

"Kegiatan ini merupakan bentuk Komitmen IKIP PGRI Pontianak untuk memfasilitasib dan memudahkan para guru dalam mengikuti program PPG,"ujar Ketua pelaksanaan Marhadi Saputra, Senin 19 September 2022.

Sementara itu, Wakil Rektor I IKIP PGRI Pontianak Aunurahman menyebutkan saat ini terdapat lima program studi di IKIP PGRI Pontianak yang tengah dalam proses pengajuan prodi PPG.

Program studi tersebut dipastikan telah memiliki syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Seperti Sumber Daya Manusia (SDM), sarana, prasarana serta tata kelola.

Aunur menyebutkan perjuangan IKIP PGRI Pontianak untuk bisa menyelenggarakan PPG dalam upaya mempermudah guru-guru di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Pasalnya selama ini kegiatan PPG hanya terpusat di Kemendikbud Ristek Dikti. Lalu di Provinsi Kalbar yang sudah melaksanakan PPG hanya FKIP Universitas Tanjungpura.

"Kita ajukan lima prodi bisa menyelenggarakan PPG diantaranya bimbingan konseling, PPKN, matematika, Penjaskes, bahasa dan sastra Indonesia," jelasnya.


Aunurahman menegaskan kegiatan revitalisasi LPTK tersebut berkelanjutan hingga 21 Oktober mendatang. Pada November sudah mulai tahapan persiapan mengunggah dokumen.

Lalu pada Desember secara bersamaan pada tahapan menggunggah dokumen dengan konsorsium bersama Universitas Negeri Yogyakarta.

"Kita berharap proses ini bisa berjalan sesuai rencana, sehingga IKIP PGRI Pontianak bisa segera menyelenggarakan PPG," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved