Pola Hidup Sehat

Indonesia Tingkat Tertinggi Diabetes, Begini Caranya STOP Diabetes Keturunan

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang bisa memengaruhi proses tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

SHUTTERSTOCK
Adapun penelitian lain menunjukkan melakukan sekitar 30 menit aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan cepat setiap hari dan menurunkan 7 persen berat badan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Ketika seseorang memiliki riwayat keluarga diabetes, maka ia lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit serupa.

Dikutip dari CDC, pada seseorang yang memiliki diabetes maka tubuhnya tak bisa membuat insulin dengan baik atau tak mampu menggunakan insulin dengan semestinya.

Salah satu yang mungkin dikhawatirkan seseorang yang memiliki ibu, ayah, atau saudara yang terkena diabetes adalah ia akan mengalami kondisi serupa.

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang bisa memengaruhi proses tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

Akibatnya, gula darah akan menumpuk di aliran darah yang lambat laun bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan dan penyakit ginjal.

Baca juga: Selain Bagus untuk Diet, Ternyata Tempe Juga Baik di Konsumsi Bagi Pengidap Diabetes, Ini Saran Ahli

Dikutip dari Everydayhealth, penelitian menunjukkan bahwa memiliki orang tua dengan diabetes meningkatkan risiko terkena penyakit ini sebanyak empat kali lipat bahkan lebih.

“Kita tahu bahwa jika kedua orang tua memiliki diabetes tipe 2, ada sekitar 50 persen risiko bahwa Anda dan saudara Anda dapat memiliki gen yang diturunkan,” kata ahli endokrinologi Edward Hess, MD.

Ia mengatakan ada banyak komponen genetik yang berperan dalam diabetes, karena itu menurutnya ini menjadi alasan mengapa ada prevalensi lebih besar pada beberapa kelompok etnis tertentu terhadap risiko penyakit ini

Lantas bagaimana cara menghindari diabetes keturunan?

Cara cegah diabetes keturunan

Meskipun Anda tak bisa mengubah silsilah keluarga Anda, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes keturunan yakni:

  • Olah raga teratur
  • Mengatur pola makan
  • Pahami risiko diri sendiri
  • Sebuah studi yang diterbitkan pada Agustus 2017 dalam Primary Care Diabetes sebagaimana dilansir
  • Everydayhealth, menemukan bahwa diet dan olahraga bisa meningkatkan kesehatan jangka panjang pada kerabat penderita diabetes.

Adapun penelitian lain menunjukkan melakukan sekitar 30 menit aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan cepat setiap hari dan menurunkan 7 persen berat badan bisa mengurangi risiko seseorang terkena diabetes 10 tahun kemudian.

Baca juga: Ciri Diabetes Jika Muncul di Mata dan Kaki, Waspadai Nyeri Sakit Berikut Ini

Selain itu, menjaga pola makan dengan makan teratur dan seimbang bisa membantu mendistribusikan gula darah secara merata sehingga tubuh tak perlu bekerja terlalu keras.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved