Respon Orangtua yang Perlu Dilakukan Ketika Bayi dan Anak Kecil Menangis Secara Sains

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, cara menenangkan bayi dilakukan dengan menggendong bayi menangis sambil berjalan selama l

THE CONVERSATION
Ilustrasi menangis. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Bayi yang sering menangis mungkin membuat banyak orangtua takut, apa penyebab dan hal yang membuatnya terus menangis.

Para ilmuwan juga mencari cara bagaimana menenangkan bayi yang rewel dan mudah menangis.

Kini strategi tersebut bisa diterapkan oleh ayah dan bunda di rumah.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, cara menenangkan bayi dilakukan dengan menggendong bayi menangis sambil berjalan selama lima menit.

Lalu diikuti dengan duduk dan menggendong bayi selama lima hingga delapan menit sebelum menidurkannya.

Cara tersebut memang berbeda dengan pendekatan tidur lainnya yang cenderung membiarkan bayi menangis hingga mereka tertidur sendiri.

Update Promo Alfamart 17 September 2022, PSM Susu Snack Shampo & Extra Murah Deterjen Popok Bayi

"Banyak orang tua yang kebingungan saat bayi mereka menangis di malam hari. Ini adalah masalah besar, terutama bagi orang tua yang tak pengalaman," kata Kumi Kuroda dari RIKEN Center for Brain Science di Jepang.

Menurutnya lagi, masalah tersebut dapat menjadi penyebab stres bagi orang tua dan bahkan kekerasan terhadap bayi.

Dikutip dari Medical Xpress, Sabtu 17 September 2022 dalam studi terbaru tentang cara menenangkan bayi menangis ini, peneliti telah mempelajari respon transportasi yang merupakan reaksi bawaan yang terlihat pada banyak mamalia altricial.

Mamalia altricial adalah mamalia yang memiliki anak-anak yang tak mampu merawat diri sendiri hingga usia tertentu seperti misalnya tikus, anjing, monyet, dan manusia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved