Pola Hidup Sehat

Matikan Lampu Saat Tidur, Kini Penderita Kanker di Bawah 50 Tahun Semakin Meningkat, Mengapa?

para peneliti juga menggarisbawahi bahwa kita perlu membedakan antara kerusakan sel dini serta munculnya kanker.

KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Semakin banyak orang dewasa di bawah 50 tahun yang terkena kanker. Para peneliti terus mencari tahu penyebab munculnya kanker pada usia muda 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Kesehatan melalui pola makan dapat memainkan peran untuk mencegah kanker.

Peningkatan konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi risiko kanker, begitu juga sebaliknya

Menurut tinjauan komprehensif 2017 yang diterbitkan dalam American Journal of Cancer Research, lebih dari 50 persen dari semua diagnosis kanker dan kematian akibat kanker, sebagian besar, dapat dicegah.

Sementara itu, 30 persen dari semua kasus kanker terkait dengan makanan yang dikonsumsi.

Semakin banyak orang dewasa di bawah 50 tahun yang terkena kanker. Para peneliti terus mencari tahu penyebab munculnya kanker pada usia muda. Bagaimana hasilnya?

Mengapa Asam Lambung Naik Bisa Memicu Kanker Kerongkongan?

Apa itu kanker?

Kanker adalah penyakit mutasi genetik yang menyebabkan sel berkembang secara tidak terkontrol dan bisa menyerang organ tubuh yang mana saja.

Kanker diyakini sebagai penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit kardiovaskular.

Melansir Medical News Today, kanker adalah penyakit yang banyak menyerang orang dewasa di atas 50 tahun. Sayangnya, setelah memasuki tahun 1990-an, beberapa jenis kanker tercatat meningkat kejadiannya pada orang dewasa di bawah 50 tahun.

Kanker yang timbul pada usia muda meningkatkan risiko berbagai kondisi dan penyakit kronis, seperti infertilitas dan gangguan kardiovaskular.

Kondisi ini bisa muncul sebagai dampak menurunnya kesehatan akibat terkena kanker, ataupun efek samping dari berbagai terapi kanker.

GERD Bisa Menyebabkan Kanker, Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Penyebab kanker menyerang usia muda

Peneliti menemukan bahwa terdapat 14 jenis kanker yang meningkat kejadiannya pada orang dewasa di bawah 50 tahun. Beberapa diantaranya adalah kanker payudara, rahim, ginjal, usus, prostat, lambung, dan multiple myeloma.

Berdasarkan studi literatur dan penelitian, penyebab kanker muncul semakin cepat adalah gaya hidup dan lingkungan. Beberapa diantaranya bahkan dianggap kebiasaan zaman sekarang, namun ternyata berbahaya bagi tubuh.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved