Sinergi Pemprov dan Kementerian BUMN Laksanakan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Melalui Gernas BBI #CorakCorakKalbar diharapkan dapat memulihkan ekonomi masyarakat termasuk UMKM, dan meningkatkan kecintaan pada produk dalam negeri

Editor: Nina Soraya
Dok/PLN Kalbar
Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum bersama Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting membuka kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat di Pontianak pada Kamis, 15 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan Kementerian BUMN melaksanakan kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat di Pontianak pada Kamis, 15 September 2022.

Acara ini bertemakan #CorakCorakKalbar “Membangun UMKM Kalbar Go Global”.

Gernas BBI merupakan program Pemerintah yang bertujuan mendorong UMKM lokal agar lebih maju.

Program ini awalnya diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020.

Pemerintah khususnya bersama BUMN berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM berbasis digital, memperluas akses pembiayaan UMKM dari hulu ke hilir, melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan UMKM.

Inisiatif Gernas BBI diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target jumlah UMKM Indonesia yang go digital menjadi 30 juta pada tahun 2024, meningkatkan permintaan produk UMKM yang akan mendorong peningkatan kelas UMKM, serta menciptakan multiplier effect berupa pertumbuhan ekonomi.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Pemprov Kalbar Luncurkan E-Katalog

Gernas BBI Kalbar dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum, Kementerian BUMN, instansi yang berada di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Barat seperti Bank Indonesia, OJK, Dekranasda serta Kementerian/Lembaga lainnya maupun mitra kolaborasi dari 25 BUMN di Kalimantan Barat dan 11 top brands.

Dalam acara tersebut juga dihadiri pengurus 7 Rumah BUMN di Kalimantan Barat yang dikelola oleh 6 BUMN (BNI, BRI, Mandiri, Telkom Indonesia, Pertamina, dan PLN) dan UMKM Kalimantan Barat.

Rangkaian kegiatan kick off Gernas BBI #CorakCorakKalbar diisi dengan virtual expo, business matching, pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi Bank Indonesia Kalbar, serta berbagai pelatihan terhadap pelaku UMKM yang berlangsung sejak September hingga Desember 2022.

Adapun kegiatan Business Matching telah mempertemukan BUMN dengan UMKM di Kalbar dengan mencatatkan total transaksi sebesar Rp 4,3 miliar yang dilakukan melalui platform Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved