Mesin Meledak, Kapal Motor Pengangkut Bahan Pokok di Kabupaten Kubu Raya Terbakar Kemudian Tenggelam

Setelah satu jam api baru bisa berhasil dipadamkan dengan menggunakan mesin Robin milik warga.

Penulis: Ferryanto | Editor: Jamadin
Dok. Polres Kubu Raya
Kapal motor pengangkut bahan pokok yang tenggelam di kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, rabu 14 September 2022. 

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Akibat mesin meledak, kapal motor air di kabupaten Kubu Raya terbakar, Rabu 14 September 2022 sore.

Kapal bernama KM Aska Jaya 1 yang membawa berbagai barang kebutuhan pokok itu terbakar saat hendak bersandar dan menurunkan muatan di Dermaga Toko Sumber Rezeki, Desa Olak-olak Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya.

Kasubsipenmas Sihumas Polres Kubu Raya, Aipda Ade Surdiansyah menyampaikan peristiwa itu terjadi pada sekira pukul 14.45 wib.

"Saat itu kapal baru saja tiba dan hendak menurunkan bahan pokok yang dibawanya, ketika itu Mesin Motor air tidak bisa di kecilkan dan tiba-tiba terdengar suara ledakan dari mesin yang mengakibatkan terbakarnya kap atas motor air,"ungkap Aipda Ade. 

Tenggelam, Warga Sintang Ditemukan Mengapung di Sungai Kapuas Sanggau


Nahkoda kapal bernama Agustiyansyah lalu meminta bantuan untuk melakukan pemadaman, namun api sangat cepat membesar  sehingga menghanguskan kap atas motor air KM Aska Jaya 1 yang kemudian mengakibatkan kapal itu tenggelam.


Setelah satu jam api baru bisa berhasil dipadamkan dengan menggunakan mesin Robin milik warga.

Akibat peristiwa tersebut Nahkoda Kapal KM Aska Jaya 1 bernama  Agustiyansyah (38) dan Anak Buah Kapal (ABK) bernama Bima (19) mengalami luka bakar dan telah dibawa ke Rumah Sakit Kubu Raya di Rasau Jaya.

Selain itu, kerugian akibat kapal yang tenggelam dan berbagai bahan pokok dikapal yang ikut terbakar dan tenggelam membuat kerugian materil pada peristiwa itu diduga mencapai ratusan juta rupiah.

Kemudian, Kapolsek Kubu, Iptu Heru menyampaikan, dari hasil pemeriksaan diduga penyebab kebakaran pada kapal itu akibat saluran pendingin yang tidak mengalir sehingga mesin terlalu panas yang menimbulkan ledakan di Bagian Mesin Motor air KM. Aska Jaya 1.

“Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut, namun KM. Aska Jaya 1 nyaris tenggelam, Saya menghimbau kepada semua masyarakat khususnya pemilik kendaraan laut atau angkutan air untuk berhati-hati dan selalu melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan sehingga peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,”imbaunya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved