Bagaimana Cetak KK hingga Akta Kelahiran Mandiri? Ini Cara dan Syaratnya Secara Online dari HP!

Dokumen kependudukan merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh dinas Kependudukan dan pencatatan sipil pada masing-masing kabupaten.

tribunnews
Ilustrasi Administrasi Kependudukan Akta Lahir, Akta Kematian dan Kartu Keluarga-Berikut cara daftar dan cetak dokumen akta kelahiran secara online. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) telah meluncurkan inovasi cetak dokumen Kependudukan secara mandiri, Pasalnya saat ini semua proses sudah bisa dilakukan secara online dan mudah diakses dari HP.

Dokumen kependudukan merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh dinas Kependudukan dan pencatatan sipil pada masing-masing kabupaten.

Dokumen kependudukan tersebut adalah KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian.

Untuk mengurus dokumen kependudukan seluruh pemohon tidak akan dikenakan biaya apapun karena hal ini telah diatur UU Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 79A, pengurusan dan penerbitan Kartu Keluarga atau dokumen administrasi lainnya tidak dipungut biaya.

Pentingnya mengurus dokumen kependudukan karena dokumen ini kerap digunakan untuk mengakses layanan publik contohnya untuk daftar bansos hingga dapftar BPJS Kesehatan.

Cara Terbaru Ubah Nama Pada Kartu Keluarga Akibat Salah Ketik, Siapkan Dokumen Berikut

Mengingat pentingnya dokumen kependudukan sebagaimana yang disebutkan diatas, lantas apakah dokumen tersebut bisa diakses pembuatannya secara online ?

Mengurus dokumen kependudukan secara online mudah untuk dilakukan mengingat saat ini setiap dukcapil tiap daerah sudah memiliki akses secara online.

Cara mengurus surat menyurat dengan online akan memudahkan untuk meminimalis antrean dikantor Disdukcapil.

Untuk mengakses pelayanan online anda terlebih dahulu harus membuat akun.

Untuk mengakses layanan dukcapil masuk ke situs resmi Dukcapil tempat anda berdomisili, Misalnya https://Disdukcapil.kuburaya.go.id

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved