Aturan Baru Penumpang Bawa Drone saat Naik Pesawat Sesuai Surat Edaran Kemenhub

Selain itu, mereka harus memastikan bahwa drone mengandung baterai lithium atau lithium-ion yang memenuhi sejumlah kriteria.

Editor: Rizky Zulham
NET/Google
Ilustrrasi drone - Cek Aturan Baru Bawa Drone saat Naik Pesawat Sesuai Surat Edaran Kemenhub. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut Aturan baru saat membawa Drone ke dalam pesawat sesuai edaran dari pemerintah.

Terbaru, Ketentuan membawa Drone naik ke dalam pesawat diatur dalam Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Kementerian Perhubungan Kemenhub pada Senin 27 Juni 2022 lalu.

Melalui SE bernomor AU.201/16/23/DJPU.DKP-2022, Kemenhub merilis SE terkait petunjuk teknis pesawat udara kecil tanpa awak (small unmanned aircraft system atau Ddrone) yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara.

Surat Edaran tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Direktur Keamanan Penerbangan Budi Prayitno di Jakarta, 27 Juni 2022.

Cek Harga Tiket Pesawat Pesan di PegiPegi Kini Tersedia Kelas Ekonomi Premium, Bisnis dan First

Terkait beredarnya informasi ada aturan terbaru membawa drone naik pesawat yang diunggah oleh sebuah akun fotografi di Instagram (@barrykusuma) baru-baru ini, sudah dipastikan isinya sama dengan informasi SE tersebut.

"Bulan Juni kemarin, kami ada mengeluarkan SE bernomor AU.201/16/23/DJPU.DKP-2022 terkait petunjuk teknis penanganan pesawat udara kecil tanpa awak (drone) yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara," ujar Budi mengutip Kompas.com, Minggu 11 September 2022.

"Setelah itu Ditkampen (Direktorat Keamanan penerbangan) belum ada mengeluarkan SE terbaru terkait pembawaan drone. Isi dari pengumuman tersebut (di Instagram) sesuai dengan isi SE," imbuhnya.

Penanganan pesawat udara kecil tanpa awak yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara sendiri dilakukan oleh Badan Usaha Angkatan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing.

Kriteria drone yang dibawa naik pesawat

Selain itu, mereka harus memastikan bahwa drone mengandung baterai lithium atau lithium-ion yang memenuhi sejumlah kriteria.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved