Apa itu Dokumen Kependudukan? Berikut Cara dan Syarat Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah!

Dokumen Akta Kelahiran dicetak oleh Instansi pemerintah yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada tingkat kabupaten/kota.

IST
Ilustrasi Dokumen Kependudukan-Berikut adalah jenis-jenis dokumen admnistrasi kependudukan lengkap dengan cara memperbaiki Akta Kelahrian anak yang salah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Akta Kelahiran merupakan bagian dari dokumen kependudukan yangh penting sebagai bukti kelahiran seseorang yang sah secara administratif yang diakui negara sebagai bagian dari dokumen otentik secara hukum.

Dokumen Akta Kelahiran dicetak oleh Instansi pemerintah yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada tingkat kabupaten/kota.

Pada beberapa kasus pencetakan dokumen Akta Kelahiran terjadi kesalahan dalam penulisan nama, hari dan tanggal lahir bahkan nama orang tua sipemilik Akta Kelahiran tersebut.

Dengan adanya contoh kesalahan penulisan tersebut tentu harus segera diperbaiki, mengingat dokumen Akta Kelahiran merupakan dokumen yang dijadikan rujukan dalam membuat dokumen kependudukan selanjutnya.

Dalam pengurusan Akta Kelahiran yang salah tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Cara Buat Akta Kelahiran Anak Yang Lahir Diluar Nikah, Berikut Persyaratanya !

Dokumen Akta Kelahiran  tersebut menjadi salah satu syarat utama agar anak yang baru lahir terdaftar di Kartu Keluarga dan mendapatkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

Data yang tercantum di dalamnya, yakni identitas nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, serta kewarganegaraannya adalah salah satu upaya negara untuk mengakui dan melindungi anak tersebut.

Berkas tersebut kelak dapat digunakan untuk menjamin hak anak agar mendapatkan pelayanan publik hingga tidak rentan atas tindakan kriminal seperti perdagangan orang dan perkawinan di bawah umur.

Syarat Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah

Sebagai acuan, aturan dasarnya tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved