Dosen IKIP PGRI Pontianak Lakukan Riset Tentang Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal

Ketua Tim penelitian yakni Mai Yiastri Simarmata menjelaskan adapun latar belakang penelitian ini berdasarkan ketidak pahaman peserta didik tentang ce

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Dosen IKIP PGRI Pontianak gelar FGD terkait Pengembangan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP, selama 2 hari di ruang Meeting Room II IKIP PGRI Pontianak, Senin 12 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak sukses menggelar riset yang berjudul "Pengembangan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP".

Dengan demikian digelar FGD terkait Pengembangan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP, selama 2 hari di ruang Meeting Room II IKIP PGRI Pontianak, Senin 12 September 2022.

Dalam riset ini tergabung sebagai Ketua Tim penelitian yakni Mai Yiastri Simarmata, dan anggota peneliti adalah Rini Agustina,serta melibatkan 3 mahasiswa yang bernama Nurul, Renada, dan Elsi dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ketua Tim penelitian yakni Mai Yiastri Simarmata menjelaskan adapun latar belakang penelitian ini berdasarkan ketidak pahaman peserta didik tentang cerita rakyat yang ada di daerahnya masing-masing.

“Karena saat kita tanya beberapa peserta didik menjawab dengan menyebut judul Cerita rakyat yang berasal dari luar pulau Kalimantan,” ujarnya, Senin 12 September 2022.

Pemenuhan Syarat Kenaikan Pangkat Guru, Dosen IKIP PGRI Pontianak Lakukan PKM Karya Tulis Ilmiah

Padahal banyak cerita rakyat berbasis kearifan lokal di Kalimantan Barat ini yang memberikan amanat yang bersifat positif. Namun dikatakannya sangat disayangkan peserta didik sepertinya tidak mengetahui hal tersebut.

“Saya harap semoga penelitian yang kami lakukan ini dapat bermanfaat dan memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan,” tambah Rini sebagai anggota peneliti.

Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Muhammad Lahir juga menambahkan sangat mengapreasi dan mensuport penelitian ini.

Dengan harapan penelitian ini dapat menularkan hal yang positif dan menjadi motivasi untuk dosen-dosen yang lainnya, supaya dapat melakukan penelitian yang memberikan manfaat untuk dunia pendidikan. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved