Pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024, Gagal di Bawaslu Partai Pelita Dipastikan Tidak ikut Pemilu

Bawaslu dalam pokok putusannya berpendapat bahwa KPU ( terlapor ) tidak melakukan pelanggaran administrasi sebagaimana yang dilaporkan Partai Pelita.

KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Bawaslu RI - Badan Pengawas Pemilu memutuskan menolak laporan partai Pelita terkai adanya pelanggaran administrasi yang dilakukan KPU ( terlapor ) pada masa pendafaran Parpol Peserta Pemilu 2024 yang digelar KPU 1-14 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Partai Pelita dipastikan tidak ikut dalam Pemilu 2024, hal ini terjadi karena Bawaslu memutuskan perkara dengan menolak laporan yang di ajukan oleh Partai Pelita pada sidang putusan yang digelar Jumat 9 September 2022 di Bawaslu RI.

Bawaslu dalam pokok putusannya berpendapat bahwa KPU ( terlapor ) tidak melakukan pelanggaran administrasi sebagaimana yang dilaporkan Partai Pelita.

"Memutuskan Terlapor (KPU) secara sah tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi Pemilu 2024," kata Ketua Majelis Sidang Rahmat Bagja.

Keputusan tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan Majelis Sidang yang dibacakan sebelum putusan. Anggota Majelis Sidang Herwyn J. H. Malonda menjabarkan beberapa alasan yang jadi pertimbangan putusan tersebut.

Hanya saja, tambah Herwyn, berdasarkan keterangan Terlapor berdasarkan hasil pemeriksaan di SIPOL, kepengurusan partai tidak sesuai dengan keterangan yang disampaikan.

"Rekapitulasi pengurus yang disampaikan, tidak sesuai antara yang disampaikan dengan yang didaftarkan di SIPOL," ungkapnya.

Nasib Partai Pelita Pada Tahapan Pemilu 2024 Ditentukan Bawaslu Hari ini!

Hanya saja berdasarkan hasil pemeriksaan, KPU menyatakan jumlah kepengurusan dan keanggotaan tidak sesuai dengan yang disampaikan di SIPOL.

Ketika diberi kesempatan untuk memperbaiki dokumen persyaratan, Partai Pelita tidak melakukan pendaftaran ulang.

"Bawaslu beranggapan tata cara penerimaan pendaftaran yang dilakukan Terlapor sudah  sesuai peraturan yang ada," pungkasnya.

Dengan hasil sidang Bawaslu hari ini maka dipastikan Partai Pelita telah gagal dalam Tahapan Pemilu 2024 pada masa pendaftaran.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved