Pemilu 2024

SKCK Akan Jadi Syarat Wajib Calon DPR Pemilu 2024 !

KPU akan tetap mensyaratkan SKCK sebagai bagian dari persyaratan pencalonan bakal caleg (calon anggota legislatif ).

KPU
KOMISIONER KPU - KPU berencana akan merivisi Undang-Undang Pemilu terkait dengan mempersyaratkan SKCK sebagai persyaratan anggota Legislatif. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Informasi terbaru terkait dengan tahapan Pemilu 2024 terkait aturan KPU yang mewajibkan calon anggota DPR melampirkan dokumen SKCK sebagai persyaratan.

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, ihwal tersebut akan diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

"KPU akan tetap mensyaratkan SKCK sebagai bagian dari persyaratan pencalonan bakal caleg (calon anggota legislatif)," kata Idham kepada Kompas.com, Jumat 9 September 2022.

Lantas bagaimana terkait dengan pertauran KPU yang memperbolehakn seorang Napi Koruptor boleh mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Sebagaimana kita ketahui jika aturan terkait eks Napi Koruptor boleh nyaleg diatur dalam persyaratan pemilu yang tertuang dalam Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Tahapan Pemilu 2024, HUT 21 Demokrat Jadi Momentum DPD Papua Kembalikan Masa Kejayaan!

Tentunya aturan ini akan bertabrakan dengan syarat dan ketentuan dalam membuat SKCK.

Sebagaimana kita ketahui dokumen SKCK diterbitkan oleh kepolisian untuk menerangkan jika sesoarang tersebut tidak pernah melakukan perbuatan melanggar hukum dan perbuatan tercela lainnya.

Lebih lanjut KPU melalui Idham Kholik menuturkan jika penggunaan SKCK akan diatur dalam PKPU

Namun, kata dia, perihal dokumen SKCK diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

"(Syarat SKCK) diatur dalam Pasal 8 Ayat (1) huruf g PKPU Nomor 20 Tahun 2018," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved