Puncak Haornas 2022, Gubernur Kalbar Launching Database Olahraga, Galeri Olahraga dan Logo Porprov

"Kita berharap masyarakat Kalbar dapat berkunjung ke galeri olahraga jika ingin mengetahui informasi tentang cabor-cabor," katanya.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Diskominfo Kalbar
Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyerahkan 45 piagam penghargaan kepada 45 atlet Kalbar yang telah mengukir prestasi ditingkat nasional maupun internasional, di Gor Pangsuma Pontianak, Jumat 9 September 2022.// Diskominfo Kalbar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Wagub Ria Norsan menyerahkan 45 piagam penghargaan kepada 45 atlet Kalbar yang telah mengukir prestasi ditingkat nasional maupun internasional.

Peringatan Haornas juga dirangkaikan dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji melaunching Database Olahraga (Dabor) Provinsi Kalbar, Gallery Olaharaga, dan Logo Porprov yang merupakan program inovasi Disporapar Provinsi Kalbar berlangsung di Gelora Khatulistiwa, jumat 9 September 2022.

Rangkaian acara puncak peringatan Haornas Provinsi Kalbar juga dihadiri Sekda Provinsi Kalbar Harisson, Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Lismaryani Sutarmidji, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari, Dirut Bank Kalbar Rokidi, Ketua KONI Kalbar Fachrudin D. Siregar, Ketua Umum NPC Kalbar, Mustaat Saman, Ketua Kormi Kalbar, Adiyudha Permana, perwakilan Kepala OPD Pemprov Kalbar, dan lainnya.

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengatakan pemerintah Provinsi Kalbar berkomitmen terus memenuhi sarana dan prasarana olahraga untuk menunjang peningkatan prestasi semakin baik.

Peringatan Puncak Haornas, Disporapar dan NPC Kalbar Jaring Atlet Disabilitas Lewat Kejuaraan Catur

Terlebih menurutnya Provinsi Kalbar memiliki potensi yang besar dalam berbagai cabang olahraga seperti bridge, catur, angkat berat, angkat besi dan lainnya.

"Saya berharap hasil prestasi yang sudah diraih Kalbar bisa di evaluasi, lalu kita tentukan olahraga mana yang menjadi prioritas," ucap Gubernur Sutarmidji saat diwawancarai usai peringatan puncak Haornas Provinsi Kalbar.

Dirinya menambahkan meskipun pada level nasional telah memiliki cabang olahraga prioritas lewat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Namun menurutnya di tingkat provinsi juga harus menetapkan cabang olahraga yang menjadi prioritas. Misalnya pada bridge yang berprestasi pada tingkat nasional dan internasional.

"Kalbar juga harus punya prioritas terutama atlet yang bisa bersaing di kancah nasional dan internasional," katanya.

Sutarmidji juga mendorong diselenggarakannya agenda rutin kejuaraan yang dilakukan secara terus menerus. Dengan adanya kejuaraan yang digelar secara rutin maka akan terlihat bibit unggul diberbagai cabang olahraga. Selain itu kejuaraan rutin juga bisa menjadi ajang pengembangan potensi prestasi atlet.

"Olahraga kita bisa berkembang dengan kejuaraan yang rutin, harus ada event yang secara menerus dilakukan oleh komunitas tertentu," jelasnya.

Disamping itu Gubernur Sutarmidji juga mengapresiasi data base dan galeri olahraga yang diinisiasi oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar. Lewat data base olahraga menurutnya perkembangan dan prestasi atlet bisa dipantau secara baik.

"Data base ini bagus, lalu galeri olahraga ini awalnya banyak kios makanan lalu kita jadikan galeri olahraga. Agar orang yang berolahraga bisa melihat. Kita tampilkan lewat galeri olahraga," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar Windy Prihastari menyampaikan, puncak perayaan Haornas tahun 2022 dengan tema nasional “Bersama Cetak Juara", memiliki semangat untuk mengajak semua ikut berpartisipasi aktif dalam mencetak atlet juara pada jenjang olahraga tertinggi di dunia (World Champion).

Ini juga sesuai dengan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved