Ratu Elizabeth Wafat

Perjalanan Hidup Ratu Elizabeth II, Raja Inggris Terlama Sepanjang Sejarah Meninggal di Usia 96

Innallilahi, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di rumahnya di Skotlandia pada Kamis 8 September 2022 sore waktu Inggris.

Tolga Akmen / AFP / POOL
Ratu Inggris Elizabeth II mengunjungi markas baru Royal Philatelic Society di London pada pada 26 November 2019. Kini, Ratu Elizabeth II telah meninggal pada usia 96 di rumahnya di Skotlandia pada 8 September 2022. Putra sulungnya, Charles, 73, otomatis naik tahta sebagai raja Inggris 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Simak perjalanan hidup singkat Ratu Elizabeth II, ratu Inggris yang meninggal dunia di usia 96 tahun.

Innallilahi, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di rumahnya di Skotlandia pada Kamis 8 September 2022 sore waktu Inggris.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan resmi dikutip dari Reuters.

"Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," lanjut Istana Buckingham.

Diketahui sebelumnya, kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II telah menurun drastis sejak beberapa hari lalu.

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Pangeran Charles Naik Tahta Jadi Raja Inggris

Oleh dokter yang merawatnya, Ratu Elizabeth II disebut menderita penyakit masalah mobilitas episodik sejak akhir tahun lalu.

Untuk itu, dokter tersebut meminta seluruh keluarga Ratu Elizabeth II untuk menemani sang ratu di rumahnya.

Atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, putra tertua, Pangeran Charles (73) otomatis naik tahta menjadi raja Inggris serta kepala negara dari 14 kerajaan termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Sosok Ratu Elizabeth II merupakan panutan bagi seluruh rakyat Inggris.

Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia sekaligus wanita paling berpengaruh di dunia.

Pemerintahan Ratu Elizabeth II diketahui berlangsung selama 70 tahun 7 bulan, yang dimulai pada 6 Februari 1952 hingga 8 September 2022.

Selama masa pemerintahan itu, Ratu Elizabeth II telah melantik sebanyak 26 Perdana Menteri Inggris dan menjadi saksi hidup gelaran Olimpiade sejak 1952 hingga 2019. 

Ratu Elizabeth II lahir di Mayfair, London pada 21 April 1926 sebagai anak pertama dari Duke dan Duchess of York yang kemudian diganti menjadi Raja George VI dan Ratu Elizabeth.

Ayahnya, Raja George VI naik tahta pada tahun 1936 setelah saudaranya, Raja Edward VIII menjadikan Elizabeth sebagai pewaris.

Sejak kecil, Ratu Elizabeth II dididik secara ketat di rumah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved