Peringati Haornas, NPC Kalbar Gelar Kejuaraan Catur Disabilitas

Selain kejuaraan catur ini, NPC juga akan menggelar gerak jalan sehat keluarga besar disabilitas Kalimantan Barat pada Minggu lusa 11 September 2022.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad Firdaus
Nur Asikin salah satu peserta kejuaraan catur disabilitas, juga sekaligus Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sambas. GOR SSA Pontianak. Jumat 9 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka memperingati hari olahraga nasional (Haornas) yang diperingati pada hari ini, Nasional Paralympic Committee (NPC) Prov Kalbar menggelar kejuaraan catur untuk para disabilitas, Jumat 9 September 2022.

Kejuaraan Catur disabilitas ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu Tuna Daksa, Tuna Netra, dan Tunarungu Wicara. Yang mana kejuaraan ini terbuka untuk seluruh masyarakat disabilitas di Kalbar.

"Kegiatannya Haornas yang ke -39, NPC Kalbar ini mengadakan kegiatan single even yaitu catur," ucap Sandi selaku Ketua Panitia Kejuaraan Catur Disabilitas NPC.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan bibit-bibit atlet berprestasi dari kaum disabilitas. Sehingga melalui even ini NPC melakukan sosialisasi dan mengenalkan kepada para masyarakat bahwa di Kalbar ini juga ada wadah olahraga khusus untuk kaum disabilitas.

Baca juga: Puncak Haornas 2022, Gubernur Kalbar Launching Database Olahraga, Galeri Olahraga dan Logo Porprov

"Yang kita harapkan sasaran yang pertama itu berbasis data base, karena tujuannya kan harus mempersiapkan perencanaan-perencanaan. Jadi kita menginginkan outputnya itu di Kalbar ini terciptanya bibit-bibit atlet yang berprestasi di usia dini dengan pembinaan. Nah melalui Haornas inilah kita mensosialisasikan bahwa di Kalbar ini ada kegiatan olahraga khusus difabel," ucapnya.

Selain kejuaraan catur ini, NPC juga akan menggelar gerak jalan sehat keluarga besar disabilitas Kalimantan Barat pada Minggu lusa 11 September 2022.

Baik untuk yang sudah tergabung maupun kaum disabilitas yang belum tergabung di NPC Kalbar ini.

"Kemudian silaturahmi disabilitas baik itu pelaku olahraga paralimpik, kemudian juga kawan-kawan senasib seperjuangan yang belum bergabung di NPC, yaitu kita ngadakan gerak jalan sehat pada hari Minggu nanti," ucapnya.

Ia mengatakan melalui dua kegiatan ini, NPC ingin mensosialisasikan bahwa kaum disabilitas juga dapat mengharumkan nama Kalimantan Barat melalui dunia olahraga ini.

"Tujuan adalah mensosialisasikan bahwa difabel itu bisa berprestasi bisa mengharumkan nama daerah melalui olahraga," ucapnya.

Sementara Nur Asikin salah satu peserta kejuaraan catur disabilitas ini, yang juga sekaligus Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sambas mengatakan bahwa, agenda ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan kreativitas para penyandang disabilitas di Kalbar.

"Jadi datang kesini untuk mengikuti turnamen lomba catur se Kalbar yang di selenggarakan oleh NPC Kalbar. Saya sangat mensupport sekali karena ini ajang untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan kemandirian penyandang disabilitas terutama dalam bidang olahraga," ucapnya.

Ia berharap kegiatan serupa even-even khusus untuk kaum disabilitas ini semakin banyak di Kalbar, tidak hanya di bidang olahraga melainkan di bidang-bidang lainnya seperti dunia usaha, dllnya.

Sebab dengan demikian dapat membantu meningkatkan kreativitas para kaum disabilitas untuk dapat menjadi mandiri meskipun dalam kondisi yang kekurangan.

"Dengan harapan kegiatan ini diselenggarakan bukan satu tahun saja waktu Haornas ini, tapi di ajang even-even lain. Sehingga mengasah kemampuan penyandang disabilitas dalam berkarya, karena mereka kan masing-masing punya potensi ada potensi yang bidang olahraga, ada potensi yang bisa juga ada jadi pedagang, kemudian usaha-usaha lain," ucapnya.

Terakhir ia berpesan kepada sesama kaum disabilitas untuk tidak minder. Kaum disabilitas harus tetap percaya, dengan demikian mereka dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya masing-masing.

"Pesan saya kepada kawan-kawan disabilitas jangan pernah minder, jangan pernah rendah diri. Kita harus optimis, percaya diri agar kita ini memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri kita, karena Tuhan ciptakan kita itu pasti mempunyai potensi yang hebat yang belum kita ketahui. Saya yakin kawan-kawan disabilitas ayo sama-sama kita bangkit mandiri," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved