CMI Selenggarakan Workshop ESG, Tingkatkan Awareness ESG Menuju Pengelolaan Bisnis Berkelanjutan

Prinsip-prinsip ESG ini sangat berkaitan dengan aktivitas yang erat dilakukan sehari-hari dan lazim untuk dilakukan.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Mirna Tribun
CMI
Foto bersama peserta workshop ESG yang diselenggarakan oleh CMI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) menyelenggarakan workshop Environmental, Social dan Corporate Governance (ESG) yang diselenggarakan di Meeting Room Grand Zuri Ketapang, Kamis 11 Agustus 2022.

Workshop ESG tersebut merupakan bukti nyata CMI yang memiliki prinsip dan standar pengelolaan bisnis menuju sebuah usaha yang berkelanjutan (sustainability) ke masa depan dilihat dari sektor Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan.

Prinsip-prinsip ESG ini sangat berkaitan dengan aktivitas yang erat dilakukan sehari-hari dan lazim untuk dilakukan.

Hanya saja perlu pengemasan yang lebih baik untuk disampaikan kepada investor perusahaan.

Peserta kegiatan workshop ESG ini berasal dari seluruh perwakilan departemen PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) dan juga PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW).

CMI Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih untuk Warga Dusun Lumpak Ketapang

Adapun workshop tersebut terbagi menjadi tiga sesi, yaitu ESG for non-ESG, Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Model Perhitungan Emisi GRK.

Sesi pertama ESG for non-ESG dipandu oleh Manager ESG Transformation, Dicky Nugraha yang secara umum membahas peran penting dari ESG dalam sebuah perusahaan, bentuk dari framework Sustainability Harita Bauxite, dan Roadmap Sustainability dari Harita Bauxite.

Sesi kedua Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dipandu oleh Climate Change Senior Specialist, Muhammad Iqbal yang secara umum membahas perihal GRK yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim, identifikasi GRK dan sektor yang menghasilkan emisi GRK, konsep pajak karbon dan climate journey, dan konsep kegiatan pengurangan emisi GRK.

Sesi ketiga Model Perhitungan Emisi GRK yang masih dipandu oleh Muhammad Iqbal membahas model untuk memetakan sumber-sumber GRK dan juga mengkuantifikasikan emisi GRK yang sudah tercatat tersebut hingga diolah menjadi dashboard emisi GRK.

PT CMI Raih Penghargaan Silver dalam CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022

“Output dari kegiatan workshop ESG ini adalah para peserta mengidentifikasi tiga inisiatif ESG yang bisa dilakukan sesuai dengan jabatan saat ini. Dengan tujuan utama adalah efisiensi sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan yang akan berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung, pada kondisi finansial perusahaan dan perubahan iklim," kata Manager ESG Transformation, Dicky Nugraha.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved