Ternyata Stres Jadi Pemicu Motivasi dalam Mengerjakan Skripsi, Kok Bisa?

Stres adalah respons psikologis akibat adanya tekanan psikis yang berlebihan. Tekanan, jika dalam batas yang wajar (disebut eustress)

Filadendron/AFP
Stres adalah respons psikologis akibat adanya tekanan psikis yang berlebihan. Tekanan, jika dalam batas yang wajar (disebut eustress) justru akan berdampak positif bagi psikis 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Seorang mahasiswa tentu saja menpunyai kebiasaan yang rutin dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Sebagai mahasiawa akhir, tugas terberat yang dirasakan ialah membuat skripsi.

Dikutip dari Kompas.com, ada seorang perempuan yang bertanya tentang kesulitan dirinya untuk fokus dalam mengerjakan skirpsi.

"Belakangan ini saya sulit sekali fokus mengerjakan skripsi saya sudah mencoba dengan setiap hari mulai mengerjakan berharap sedikit sedikit bisa selesai tapi entah mengapa sering kali kepala saya merasa tegang sehingga menganggu proses berfikir saya. Apakah ini pertanda bahwa saya stres? Terima kasih."

Selain Stres, Penyebab Maag Bukan Karena Keturunan, Ini Sederet Penyebabnya

Pertanyaan ini dijawab oleh RA. Oriza Sativa S. Psi, Psikolog, CH, CCR, Psikolog dari Mayapada Hospital Kuningan Jakarta. Berikut paparannya:

Halo EWT, saya bantu jawab pertanyaan ya.

Ketika Anda merasa sulit konsentrasi apalagi setiap kali mencoba menyelesaikan skripsi namun gagal ditandai dengan adanya rasa sakit di kepala, kemungkinan besar Anda sedang mengalami stres.

Stres adalah respons psikologis akibat adanya tekanan psikis yang berlebihan. Tekanan, jika dalam batas yang wajar (disebut eustress) justru akan berdampak positif bagi psikis kita, karena akan meningkatkan motivasi sehingga menimbulkan prestasi.

Namun jika tekanan berlebihan dan di luar batas kemampuan orang tersebut maka akan terjadi kondisi yang di sebut disstress, sehingga orang tersebut mengalami stres.

Ada berbagai gejala yang dirasakan seseorang saat mengalami stres, salah satunya tentu saja sulit untuk fokus dan membangun konsentrasi, dan berdasarkan cerita yang Anda alami, kemungkinan besar Anda mengalami stres saat berhadapan dengan stressor.

Stres Penyebab Asam Lambung atau Gerd Ini Penjelasannya, Cek Gejala Awal Terkena Asam Lambung

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved