Keanehan Otak Ketika Mengalami Dejavu, Apa yang Terjadi ? Ini Kata Medis

Umumnya, dejavu cepat berlalu dan hilang begitu saja. Tapi sebenarnya, apa yang terjadi di otak hingga sensasi dejavu muncul?

MotoGP.com
Beberapa orang sering merasa bahwa dejavu dapat membantu mereka memprediksi kejadian di masa depan. 

TRIBUNPONTINAK.CO.ID- Kondisi dejavu adlah istrilah dimana kita seperti sudah mengalami suatu peristiwa tersebut dan kini terjadi di depan mata.

Umumnya, dejavu cepat berlalu dan hilang begitu saja. Tapi sebenarnya, apa yang terjadi di otak hingga sensasi dejavu muncul?

Banyak orang tentu pernah mengalami perasaan pernah berada di suatu tempat atau mengalami situasi yang sama sebelumnya.

“Apakah saya pernah ke sini sebelumnya? Pernahkah kita berdiri di tempat ini dengan kamu mengucapkan kata-kata yang sama kepada saya di masa lalu? Sepertinya saya pernah melihat kucing itu melewati lorong ini?”

Ada kalanya, saat kita mengalami peristiwa atau berada di tempat baru, kita merasa bahwa itu bukan pertama kalinya. Itulah sensasi dejavu, sebuah frasa Prancis yang berarti "sudah pernah terlihat."

Hasil Tes Pemeriksaan Penyakit Ruben Onsu, Muncul Bercak Hitam di Otak

Apa yang terjadi di otak saat dejavu?

Melansir WebMD, pada dasarnya memori disimpan di lobus temporal otak. Bagian otak ini membantu kita mengenali pengalaman yang sudah dikenal.

Sementara sains belum membuktikan, bahwa pengalaman dejavu sehari-hari adalah hasil dari ingatan yang tersimpan di area temporal, beberapa peneliti percaya ada hubungan antara keduanya.

Satu eksperimen yang telah diterbitkan di jurnal Psychological Science, dilakukan untuk menguji teori yang menghubungkan dejavu dengan memori, melibatkan pembuatan skenario virtual realitas berdasarkan dunia video game Sims.

Banyak orang yang berpartisipasi dalam proyek ini, akhirnya mengalami berbagai pengalaman dejavu terkait dengan adegan-adegan yang mirip dengan yang dilihat sebelumnya.

Doa Nurbuat dan Artinya , Benarkah Bisa Mengusir Jin hingga Berjumpa Rasulullah SAW dalam Mimpi ?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved