Aturan Baru BPJS Kesehatan Jadi Syarat Buat SIM September 2022, Ini Tanggapan Korlantas POLRI

Dengan adanya Inpres tersebut Presiden menginstruksikan kepada kementerian, lembaga dan kepala daerah dalam menyukseskan program BPJS Kesehatan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan-Berikut aturan terbaru terkait dengan pembuatan SIM yang harus menyertakan Kartu BPJS Kesehatan sebagai persyaratan, hal ini dituangkan dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2022 Poin 25. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat kini diperluas dengan keluarnya Instruksi Presiden Jokowi, hal ini dituangkan dalam Inpres nomor 1/2022 tentang optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Dengan adanya Inpres tersebut Presiden menginstruksikan kepada kementerian, lembaga dan kepala daerah dalam menyukseskan program BPJS Kesehatan sebagai syarat mengakses pelayanan publik.

Dilansir dari laman NTCM Polri, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, keberadaan layanan BPJS Kesehatan di Satpas akan mempermudah masyarakat, khususnya dalam menerima pelayanan publik, dikutip dari Kompas.com 6 September 2022.

Presiden Jokowi mengintruksikan kepada Kapolri agar melakukan penyempurnaan regulasi dan memastikan pemohon SIM sudan memiliki kartu keanggotaan BPJS Kesehatan aktif.

Adapun bunyi Inpres poin 25 yakni sebagai berikut:

"Melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah Peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional,"

Jadi bagaimana ketentuan  yang mengatur BPJS Kesehatan menjadi dokumen yang di persyaratkan dalam mengurus SIM ?

Cek ! Ini 21 Pelayanan Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan Terbaru Menyesuaikan Aturan KRIS

Meskipun belum diterapkan beredar kabar bahwa kebijakan harus dipertimbangkan lagi mengungat akan ada beberapa regulasi yang di ubah.

"Polri harus koordinasi dengan instansi yang terkait. Kedua, membutuhkan waktu untuk sosialisasi ke masyarakat," turur Endra Rachmawan selaku Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Polisi Endra via Portal Berita Resmi Polda Metro Jaya.

Jika memang harus diterapkan maka kepolisian harus melakukan penyempurnaan peraturan kepolisian Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Penerbitan SIM yang akan memasukan syarat membuat SIM harus menyertakan dokumen berupa BPJS Kesehatan.

Tidak hanya itu aturan pembuatan STNK dan BPKB Juga nantinya akan menyesuaikan jika peraturan polisi Nomor 5 Tahun 2021 disesuaikan.

Ketentuan Mengurus SIM Harus Memiliki BPJS Segera Diberlakukan, Polri Siapkan Layanan untuk Mempermudah Para Pemohon

Selain itu, pemerintah juga telah mengimbau kepada masyarakat agar iuran JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) BPJS Kesehatan segera dilunasi.

Kebijakan baru dari pemerintah ini bisa saja mendukung  nantinya untuk memperpanjang masa berlaku SIM yang mewajibkan surat Kesehatan dokter dan hasil tes Psikologi dalam perpanjangan SIM. (*)

Sebagian Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Syarat Bikin SIM Harus Punya BPJS Kesehatan, Berlaku Mulai Kapan?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved